Anak dan permainan memang tidak bisa dipisahkan namun terkadang hal ini menjadi semakin berkurang bermain saat anak sudah memasuki bangku sekolah. Saat anak memasuki dunia pendidikan formal waktu bermain akan berkurang karena tanggung jawab adalah belajar.

Anak sering kali mengeluh ketika banyak sekali PR yang harus kerjakan, bagaimana tidak? Dari pagi sampai siang bahkan sore anak berada dalam ruangan untuk menerima materi sedangkan di rumah mereka masih mengerjakan tugas dari guru belum lagi mereka juga harus belajar materi yang akan disampaikan oleh guru besok pagi. Hal-hal semacam ini membuat anak mudah mengeluh, stres dan hilang semangat belajar. Nah, dalam rangka mengisi liburan sekolah anda bisa mengajak putra-putri anda berkunjung ke wisata edukasi untuk mengikuti berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti berikut:

1. Agro wisata

Kegiatan satu ini tidak akan kita temui jika hanya belajar di dalam kelas mungkin saja yang kita tahu hanya sekadar teori saja. Namun, ketika kita mengajak anak-anak ke wisata edukasi anak-anak bisa langsung praktik dan merasakan. Agro wisata terbagi menjadi 3 macam yaitu agro sayur, agro sawah, dan apotek. Saat menerima pelajaran dari guru yang menjelaskan asal mula nasi yang setiap hari kita makan tentunya hanya imajinasi saja yang terlintas namun disini kita akan sama-sama belajar bagaimana menanam padi bahkan mulai dari membajak sawah. Bukan hanya itu saja ketika kita mengikuti agro sayur dan agro apotek kita akan tahu apa saja jenis sayuran dan tumbuhan yang bagus dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita.

2. Outbound anak

fun games di citra alam riverside

Kegiatan outbound merupakan sekumpulan kegiatan di outdoor yang melibatkan aktivitas fisik namun menyenangkan. Kegiatan outbound selalu dikemas dengan apik sehingga mampu memberikan keceriaan serta kegembiraan bagi setiap peserta. Apalagi saat melakukan games-games seru yang bisa membangkitkan semangat dan membuat pikiran menjadi lebih fresh dan tentunya menyenangkan.

3Camping

camping di citra alam seaside

Bahwa belajar bukan hanya di bangku sekolah saja ada kalanya anak-anak diajak ke alam terbuka untuk kegiatan camping. Camping merupakan kegiatan menginap di dalam tenda. Selain menyenangkan kegiatan camping mengajarkan banyak hal yang bermanfaat bagi anak. Melalui kegiatan camping anak akan belajar menjadi lebih mandiri, disiplin, percaya diri, membuat anak lebih aktif, anak menjadi lebih dekat dengan alam, bertemu dengan banyak teman baru, dan memiliki pengalaman yang luas. Dalam kegiatan camping terdapat berbagai kegiatan seperti hiking atau jelajah alam, api unggun serta fun games yang menyenangkan dan berkesan bagi setiap individu.

4. Pelatihan seni budaya

pelatihan seni dan budaya di citra alam

Saat berkunjung ke suatu tempat wisata bukan berarti untuk bersenang-senang saja, pastikan di setiap moment bahagia juga terdapat banyak sekali pengalaman yang kita dapatkan. Berwisata dan belajar merupakan hal yang paling berkesan. Bagaimana tidak? Saat kita bersenang-senang di wisata kita juga bisa belajar melestarikan seni budaya Indonesia dengan mengikuti berbagai macam pelatihan seni budaya seperti membatik, membuat keramik, melukis di atas kaos, dan pelatihan memainkan alat musik tradisional (angklung).

4 kegiatan edukasi seperti di atas bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan sekolah supaya liburan sekolah anak tidak terlewatkan begitu saja tanpa ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *