Pernahkah tiba-tiba anda merasa jenuh di dunia kerja?  Siapapun pasti pernah mengalaminya. Padahal setiap hari harus ada target yang mesti dicapai dan untuk bisa memenuhinya tentu dibutuhkan semangat kerja yang tetap stabil. Jika bekerja dilakukan dengan semangat maka produktivitas akan meningkat, tapi apabila sebaliknya produktivitas pun dapat menurun. Jadi untuk tingkatkan produktivitas kerja, penting untuk mempertahankan semangat dalam bekerja. 

Ada 2 cakupan dalam meningkatkan produktivitas kerja, yaitu : 

Di lingkungan kerja 

Memperbaiki suasana di lingkungan tempat bekerja, bisa menjadi cara untuk meningkatkan produktivitas. Berada di lingkungan kerja yang nyaman, akan membuat pekerjaan apapun  dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan target yang harus dicapai. 3 cara meningkatkan produktivitas kerja di lingkungan kerja : 

  1. Memperbaiki alur kerja. Dalam bekerja terkadang tanpa disadari kita belum berada pada alur yang benar. Akibatnya target tidak terpenuhi secara maksimal. Karena kondisi tersebut terjadi terus menerus, maka seringkali menimbulkan kejenuhan. Cobalah mulai memperbaiki alur kerja dengan cara mengubah jadwal dan pekerjaan apa yang pertama kali harus dilakukan hingga seterusnya. Jangan sungkan untuk meniru cara kerja rekan anda yang sudah merasa nyaman dengan alur kerjanya. Atau bisa juga sedikit menyisipkan hal diluar alur kerja, seperti menonton video di channel sosmed yang bisa menjadi hiburan sekaligus inspirasi bagi kreativitas anda. 
  2. Mengorganisir file data. Bisa saja kejenuhan dalam bekerja berasal dari sumber-sumber pekerjaan yang tidak tertata dengan baik. Anda sering kali kebingungan dalam mencari satu file, bahkan lupa dimana menyimpannya baik yang berupa hardcopy atau softcopy. Cobalah untuk mulai mengorganisir file data, guna mempermudah anda melakukan pekerjaan. 
  3. Menciptakan tempat kerja yang efektif. Cara ini bisa dimulai dari meja kerja anda. Buatlah meja kerja enak dipandang dari kejauhan. Bukan meja kerja yang penuh dengan tumpukan kertas, ATK yang tidak tersusun rapi, dll. Bahkan anda dapat meletakkan vase bunga kecil atau foto keluarga untuk menyegarkan pandangan anda di meja kerja. Apabila kantor adalah rumah kedua bagi anda, maka meja kerja bisa dianggap sebagai kamar atau ruangan favorit di rumah anda. 

Dari Diri Sendiri 

Selain perbaikan di lingkungan kerja, anda juga membutuhkan perbaikan pada diri sendiri, agar bisa meningkatkan produktivitas kerja. Caranya yaitu dengan memperbaiki kualitas diri yang bisa dilakukan dengan cara : 

  1. Menjaga pola makan dan istirahat yang sehat. Selama berada dalam usia produktif, setiap manusia pasti membutuhkan energi serta daya pikir yang maksimal untuk bisa menjalankan semua yang menjadi tanggung jawabnya. Tak terkecuali terhadap pekerjaan yang menjadi penopang kehidupan diri sendiri maupun keluarga. Oleh karena itu dibutuhkan asupan gizi yang baik serta pola istirahat yang benar, untuk dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Seperti tidak tidur terlalu larut apabila besok pagi harus berangkat bekerja, serta makan makanan yang banyak mengandung nilai gizi ketimbang makanan yang hanya asal kenyang.
  2. Menjaga emosi. Hal yang sering menjadi penyebab munculnya kejenuhan di dunia kerja adalah ketika ada seseorang atau pekerjaan yang dianggap bertentangan dengan kata hati. Di tempat kerja manapun pasti akan menemukan teman kerja yang mendatangkan rasa kesal dan memancing emosi. Bersikap sabar dan tidak mengindahkan hal-hal yang mengganggu tersebut bisa menjadi cara agar anda tetap dalam fokus pekerjaan. Namun ketika sudah masuk pada ancaman terhadap karir atau kemerdekaan dalam berkreativitas, barulah anda bisa memikirkan sejumlah kemungkinan untuk mengatasi atau menghindarinya. 
  3. Menyempatkan relaksasi. Antara lain bisa dilakukan dengan mengalihkan perhatian anda pada hal lain diluar pekerjaan. Jenuh akan lebih mudah muncul saat anda dalam kondisi lelah. Agar rasa jenuh tidak mengganggu produktivitas kerja, anda dapat memutar lagu favorite, browsing hal yang menarik di internet, atau beranjak dari meja kerja sejenak untuk mencari suasana baru. Dalam berelaksasi ini, pastikan anda tetap tidak mengganggu rekan kerja anda yang lain. 

Terlepas dari apapun penyebab kejenuhan hingga mempengaruhi produktivitas kerja anda, sejumlah cara tersebut diatas mungkin bisa menjadi alternatif solusinya. Semoga bermanfaat!! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *