citra alam riverside

 Halal Bi halal merupakan tradisi unik dari masyarakat muslim di Indonesia. Tradisi ini sebagai media silaturahmi untuk saling memaafkan kesalahan satu sama lain. Halal Bi halal dilakukan setelah perayaan hari Raya Idul fitri. Ada pun hikmah yang bisa kita ambil dari tradisi halal Bi halal adalah sebagai berikut.

  • Membersihkan diri segala kesalahan

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh kalangan pemuda, remaja, mahasiswa, alumni sekolah, dan masyarakat dengan tujuan membersihkan diri segala kesalahan dengan membangun silaturahmi antar sesama. Dalam moment ini dijadikan sebagai media untuk saling bermaaf-maafan dari segala kesalahan di masa lalu.

citra alam riverside

  • Membersihkan hati terhadap sesama

Dalam acara halal Bi halal berkumpul berbagai jenis profesi seseorang, seperti ada yang berbisnis, pengusaha, pekerja kantoran dan lain-lain. Setiap manusia tidak pernah luput dari salah dan dosa, terkadang suatu hal bisa terjadi yang mengakibatkan perselisihan kemudian menimbulkan rasa sakit hati dan dendam diantara sesama. Maka, dengan halal Bi halal ini adalah kesempatan untuk saling memaafkan hingga tidak ada lagi rasa sakit hati apalagi dendam diantara sesama.

  • Memupuk kepedulian dan rasa kebersamaan

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak lepas dari pertolongan orang lain. Hal itu dapat dibangun dengan sikap saling tolong menolong antara sesama. Halal Bi halal ini untuk mempererat tali persaudaraan sehingga hubungan terjalin dengan harmonis dan saling memaafkan hingga terbinalah kebersamaan diantara sesama.

citra alam riverside

Selain Kegiatan Halal Bi halal Citra Alam juga memfasilitasi beberapa kegiatan rohani seperti retret, pesantren kilat, tadabur alam, dan kegiatan lainnya.

2 thoughts on “Tradisi Halal Bi Halal Sebagai Media Silaturahmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *