Liburan di akhir tahun tentunya disambut dengan semangat positif atau rasa bahagia. Karena saat liburan, anda bisa menggunakan waktu untuk bersenang-senang sejenak bersama keluarga atau teman dengan meninggalkan segala aktivitas pekerjaan kantor maupun sekolah. Namun, saat berlibur usahakan tidak melakukan kegiatan yang berlebihan sehingga membawa pengaruh besar bagi tubuh anda terlebih pengaruh dari perubahan lingkungan, kualitas tidur yang kurang baik atau dari makanan. Makanan yang tidak cocok  atau terkena kuman saat beraktivitas membuat kita mudah terserang penyakit karena sakit tidak kenal tempat dan waktu. Jadi, jangan sampai hal tersebut mengurangi keseruan anda ketika sedang berlibur sehingga liburan anda menjadi kurang berkesan. Lakukan beberapa tips ini untuk menghindari sakit saat berlibur.

  • Jaga pola makan sehat

makanan sehatSaat liburan pastinya kita mengunjungi tempat atau wisata baru dan tentunya kita menjumpai aneka kuliner lezat dan ingin merasakan sajian kuliner yang ditawarkan. Meskipun anda sendiri tidak bisa menghindari hal itu, namun pastikan terlebih dahulu tentang kebersihan makanan tersebut. Menjaga pola makan harus tetap dilakukan, jangan sampai anda asyik berkuliner tanpa peduli makanan tersebut berkolesterol tinggi, terlalu manis, dan lain-lain, kesehatan anda yang dipertaruhkan. Demi mencegah timbulnya masalah kesehatan anda harus pandai-pandai dalam menjaga pola makan harus diperhatikan terlebih saat liburan.

  • Hindari dehidrasi

minum air putihSalah satu penyebab datangnya penyakit saat liburan adalah dehidrasi. Dehidrasi menjadi penyebab utama banyaknya masalah kesehatan seperti sakit kepala, iritasi, merasa bingung, kelelahan, dan gejala penyakit lainnya. Ketika anda sedang berlibur tentu menguras banyak tenaga dan cairan tubuh. Agar terhindar dari dehidrasi selalu sedia air mineral. Hindari konsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, minuman yang bersoda, dan minum air putih dingin agar terhindar dari sakit tenggorokan bahkan bisa menyebabkan dehidrasi.

  • Bawa obat-obatan mendasar

obat vitaminAda baiknya sebelum melakukan liburan anda mempersiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari, misalnya segala perlengkapan anda dan obat-obatan. Terkadang karena kelelahan saat perjalanan dan dari faktor perubahan cuaca membuat anda mudah sakit. Sebaiknya anda membawa obat-obatan seperti aspirin, anti alergi, sirup batuk dan flu, dan plaster luka sangat anda perlukan. Banyak kejadian tak terduga bisa terjadi, maka pastikan ini menjadi barang wajib yang anda harus bawa saat berlibur.

  • Istirahat yang cukup

istirahat yang cukupSaat anda sudah berada di lokasi wisata, anda boleh bersenang-senang tapi anda juga harus ingat untuk cukup beristirahat agar badan tidak kecapekan, pegal-pegal atau masuk angin keesokkan harinya. Bukan hanya tubuh anda saja yang merasa stres mental dan fisik namun juga kekebalan tubuh anda akan melemah. Untuk menghindari sakit saat berlibur, pastikan anda tidur tidak kurang dalam delapan jam. Usahakan selalu atur waktu agar mendapatkan istirahat yang berkualitas.

  • Tidak melakukan aktivitas berlebihan

jangan beraktivitas berlebihanAktivitas liburan yang berlebihan terkadang membuat Anda kelelahan dan berujung pada sakit. Memang, asyiknya panorama di tempat liburan membuat anda semakin semangat saat melakukan beragam aktivitas. Tapi bukan berarti anda harus melakukan aktivitas yang berlebihan bukan? Jangan paksakan diri anda untuk mengikuti semua aktivitas yang ditawarkan oleh tempat liburan, misalnya tawaran menarik untuk flying fox, arung jeram, highrope, banana boat dan aktivitas lainnya ketika liburan di pantai. Memang, kegiatan liburan sangat menyenangkan, namun sesuaikan juga dengan kondisi tubuh dan kesahatan anda.

Tips di atas merupakan tips untuk menghindari sakit saat berlibur. Bagaimana, persiapan anda untuk liburan di tahun ini? Jangan lupa jaga kesehatan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *