citra alam riverside

Masih ingat kapan terakhir anda melakukan kegiatan camping? Atau jangan-jangan belum pernah melakukannya? Saat pertama kali camping pasti bingung apa saja yang perlu di persiapkan dan barang apa saja yang harus dibawa? Tentu hal itu yang terbayang dalam pikiran saat pertama kali kita melakukan camping terlebih sebagai pemula. Camping merupakan kegiatan bermalam di alam terbuka menggunakan tenda.

Dengan bermalam di alam terbuka anda bisa  menghirup udara segar, bebas dari polusi, berhenti sejenak dari barang-barang elektronik seperti handphone, laptop, dan lainnya. Sehingga anda bisa merelaksasi pikiran anda, meskipun demikian anda sebagai pemula tentu saja masih banyak yang perlu di pertimbangkan dan merasa kerepotan dalam mempersiapkan segala keperluan yang berkaitan dengan camping. Mulai dari peralatan apa yang harus dibawa, makanan apa yang harus dimakan, aman atau tidak lokasi camping dan lain sebagainya. Berikut adalah tips melakukan camping bagi pemula.

  • Pilih lokasi

Sebelum anda melakukan kegiatan camping tentukan terlebih dahulu lokasi yang tepat untuk acara camping. Apalagi anda masih pemula jadi harus tahu betul dimana lokasi dan bagaimana situasi juga kondisi dari lokasi tersebut. Cocok atau tidak untuk acara camping anda bersama teman maupun keluarga karena lokasi yang nyaman akan menunjang kegiatan anda. Anda juga bisa mencari beberapa referensi tentang lokasi perkemahan yang nyaman dan aman.

camping citra alam riverside

Anda juga bisa melakukan camping di wisata alam untuk lebih mudah anda tinggal membawa perlengkapan seperti baju pengganti tanpa harus membawa tenda atau peralatan dapur. Karena di wisata alam sudah tersedia fasilitas lengkap sehingga anda tinggal membayar dalam bentuk paket jadi anda tidak perlu repot-repot lagi dengan peralatan. Anda bisa memilih lokasi dengan berbagai nuansa ada yang bernuansa hutan kota, pegunungan, atau pantai. Pastikan juga lokasi tersebut sejuk, tidak panas, dan memiliki area yang luas.

  • Jumlah teman

Setelah menentukan lokasi, tentukan juga berapa jumlah teman anda yang ikut kegiatan camping karena hal ini juga harus di pertimbangkan jangan sampai anda melakukan camping seorang diri. Camping akan lebih seru dan berkesan jika mengajak teman atau orang-orang terdekat anda.

citra alam riverside

  • Lama waktu

Kemudian tentukan juga kapan anda akan melakukan kegiatan camping karena hal ini juga sangat penting untuk menargetkan berapa lamanya waktu anda camping. Dengan menentukan lamanya waktu camping anda bisa memperkirakan jumlah perbekalan atau budget yang harus anda bawa. Sehingga bisa menghindari kondisi kekurangan atau kelebihan logistik.

  • Run down acara

Sebelum anda bermalam di alam buat run down acara kegiatan anda terlebih dahulu atau susun kegiatan apa saja yang akan anda lakukan. Susun semua rencana dengan baik mulai dari pemberangkatan sampai pulang ke rumah. Rencanakan dengan baik apa saja kegiatan yang akan dilakukan karena kegiatan camping bisa di kombinasikan dengan berbagai macam kegiatan seperti outbound, team building, fun games, jelajah alam, api unggun atau hiburan saat malam hari. Jika jadwal kegiatan sudah tersusun rapi maka semua kegiatan akan berjalan dengan baik, sempurna, dan tentunya menyenangkan. Jangan lupa juga tentukan durasi waktu dari setiap kegiatan yang akan dilakukan supaya semua berjalan dengan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *