Dahulu, berenang bisa dipakai untuk melakukan suatu kegiatan di dalam air seperti berpindah dari satu tempat ke tempat lain, menangkap ikan hingga mengukir prestasi melalui olahraga. Oleh karena itu tempatnya pun tidak hanya di kolam renang, tetapi bisa di sungai, laut, danau, atau tempat lain yang berisi air dalam jumlah besar. Berenang memang memiliki sejarah panjang sebagai salah satu jenis olahraga. Kebanyakan orang mengenal renang juga dari olahraga. Namun ternyata di jaman prasejarah, manusia sudah melakukannya yang bisa dibuktikan dari lukisan-lukisan tua yang terdapat pada dinding Goa Perenang, dekat wadi sora di Glif Kebir, Mesir Barat Daya. Lukisan tersebut menceritakan para perenang dari zaman batu yang sedang berenang di dalam air.  

Dalam perkembangannya sebagai cabang olahraga, terdapat berbagai macam gaya dalam berenang. Gaya renang tersebut biasanya banyak dipakai saat perlombaan. Menurut wikipedia, terdapat 4 gaya renang, yakni :

  1. Gaya bebas
  2. Gaya punggung
  3. Gaya dada
  4. Gaya kupu-kupu

macam-macam gaya dalam renang

Meski bukan sebagai atlet renang, mempelajari bermacam gaya renang akan menambah wawasan tersendiri selain mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan latihan rutin, bukan tidak mungkin anda akan mahir dalam berenang layaknya para atlet.

Meski merupakan aktivitas menyenangkan dan digemari, namun berenang tetap memiliki resiko. Saat manusia berada di dalam air, kecelakaan yang menyebabkan cedera hingga kematian akibat tenggelam, dapat terjadi.

Oleh karena itu penting untuk melakukan berbagai langkah antisipasi sebelum berenang melalui berbagai tips agar berenang aman dan nyaman berikut ini :

peralatan kondisional untuk berenang

  1. Kenakan pakaian yang pas dan nyaman untuk tubuh. Sebaiknya menggunakan baju renang, agar tidak membatasi gerakan saat berenang.

  2. Peralatan seperti kacamata renang, tutup kepala dan selang udara bisa digunakan jika memang dibutuhkan

  3. Sebelum mulai berenang, periksa terlebih dulu kedalaman kolam renang dan pilih yang sesuai dengan kemampuan anda

  4. Lakukan gerakan pemanasan sebelum masuk kolam renang, seperti berlari kecil, menggerakkan tangan, kaki serta kepala.

  5. Jika memiliki penyakit tertentu, konsultasikan dahulu dengan dokter apakah berenang aman bagi kesehatan anda.

  6. Bagi pemula, renang harus dilakukan secara perlahan dan waktu yang disarankan adalah sekitar 10 menit, kemudian dapat diperpanjang secara bertahap hingga 30 menit

  7. Jika sudah selesai berenang, lakukan sesi pendinginan

suasana berenang di citra alam seaside anyer

Memperhatikan dan mengikuti panduan agar berenang dapat aman dan nyaman akan memperkecil resiko yang kemungkinan dapat terjadi. Satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan  saat berenang adalah mematuhi segala peraturan yang berlaku di kolam renang termasuk instruksi dari pelatih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *