Field-trip tidak hanya sekedar bersenang-senang di alam terbuka tetapi juga memberikan pelajaran dan pengalaman yang menyenangkan. Field trip merupakan momen yang paling ditunggu oleh anak-anak. Selain karena rutinitas belajar yang berbeda, mereka dapat menikmati keceriaan berkunjung ke suatu tempat di luar sekolah bersama teman-teman. Namun seringkali terjadi saat field trip anak-anak tidak membawa peralatan lengkap. Nah, untuk menghindari situasi yang membuat tidak nyaman, ada beberapa tips perlengkapan yang harus dibawa saat field trip:

1. Membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan

Melakukan kegiatan field trip membutuhkan waktu sekitar seharian penuh. Butuh beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus dibawa. Mulai dari pakaian, obat-obatan, jaket, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membawa topi atau jas hujan karena cuaca di luar tidak tentu bisa hujan atau panas.

2. Membawa makanan ringan 

Kegiatan field trip biasanya menempuh perjalanan yang lumayan jauh sehingga disarankan untuk membawa makanan ringan dan minuman.  Perjalanan jauh yang pastinya cukup melelahkan, akan membuat anak-anak mudah bosan, lapar dan haus. Apalagi, umumnya anak-anak selalu ditemani cemilan selama aktivitasnya. 

3. Membawa pakaian ganti secukupnya

Aktivitas kegiatan field trip lebih banyak dilakukan di outdoor dan banyak bersentuhan langsung dengan tanah, lumpur dan lain sebagainya. Oleh karena itu  penting untuk membawa baju ganti secukupnya. Saat renang pun anak-anak harus memakai pakaian bersih agar kolam renang tetap terjaga kebersihannya. 

4. Bawa kantong plastik untuk pakaian kotor

Siapkan beberapa kantong plastik untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih. Anak juga akan mudah membawanya ketika pulang dari lokasi field trip. Membawa kantong plastik juga bisa bermanfaat untuk mewadahi sampah bungkus bekas makanan/minuman. Dengan begitu anak-anak akan terbiasa hidup bersih sejak dini.  

5. Pembersih dalam kemasan 

Penting untuk membekali anak pembersih dalam kemasan agar praktis dan mudah dibawa. Pembersih bisa dalam bentuk hand sanitizer atau tisu basah. Jika ada aktivitas berenang, peralatan seperti handuk, sabun dan shampo tak boleh ketinggalan. 

5 tips di atas akan membuat anak-anak merasa nyaman sepanjang mengikuti field trip, apalagi jika segala sesuatu yang dibutuhkannya dipersiapkan secara matang. Karena perencanaan yang baik tentunya akan menghasilkan kegiatan dan manfaat yang baik pula bagi anak-anak. Ajak anak untuk ikut membantu menyiapkan semua kebutuhannya selama bepergian guna melatih kemandiriannya. Ada baiknya juga orang tua tidak ikut mendampingi, kecuali jika diminta oleh pihak sekolah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *