citra alam seaside

Apakah perusahaan anda termasuk perusahaan yang sering melakukan outbound? Jika iya, manfaat apa yang bisa anda rasakan setelah melakukan kegiatan tersebut? Kegiatan outbound yang diracik dengan permainan team building biasanya dilakukan oleh perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja karyawan, membangun jiwa kepemimpinan, kerja sama tim, menumbuhkan rasa kebersamaan, saling percaya dan tanggung jawab.

Setiap perusahaan pasti memiliki masalah dan latar belakang karyawan yang berbeda-beda. Agar kegiatan yang dilakukan bisa tepat sasaran dan dapat diterapkan secara langsung dalam pekerjaan, maka perlu dibuat tema yang sesuai dengan situasi yang berlangsung di perusahaan. Hal ini akan sangat menentukan tercapai atau tidaknya  suatu tujuan utama dari kegiatan tersebut.

Kapan permainan team building diperlukan?
Saat kondisi karyawan kurang produktif dan kurangnya keterampilan kerja sama tim maka disitu lah seorang pemimpin harus memahami masalah yang dihadapi oleh karyawannya. Jika sebuah tim mulai tidak menunjukkan kerja sama yang baik, di sinilah permainan team building diperlukan guna membangun kerja sama dan meningkatkan produktivitas karyawan.

permainan tarik tambang lumpur citra alam

Melakukan permainan team building dapat membantu kerja sama tim menjadi semakin solid apalagi didukung dengan lokasi outdoor yang memiliki keindahan tersendiri. Maka, akan menambah semangat dalam melakukan permainan team building.

Namun sebelum melakukan team building pastikan mentor atau instruktur yang akan menangani kegiatan sudah berpengalaman dibidangnya kurang lebih dua tahun. Setelah melakukan permainan team building memiliki banyak manfaat bagi setiap karyawan. Di samping manfaat yang didapat oleh peserta namun juga memperhatikan hal-hal saat anda memilih team building. Jangan sampai dalam permainan team building ada peserta yang merasa tidak dihargai atau tidak ikut serta dalam memainkan permainan.

citra alam seaside

Berikut tips dalam memilih team building untuk tingkatkan kebersamaan dan produktivitas kerja.

  • Memiliki unsur pembelajaran. Team building harus fun, tapi tidak hanya menyenangkan saja. Namun, dalam permainan team building harus memiliki unsur pembelajaran untuk semua peserta sehingga tidak hanya menyenangkan tapi juga memiliki nilai-nilai positif dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.
  • Semua peserta harus ikut berpartisipasi. Contohnya, bila di tim ada karyawan berusia lanjut, mungkin hiking atau flying fox bukan pilihan aktivitas yang baik. saat memilih permainan team building sesuaikan dengan usia peserta sehingga semua peserta bisa ikut berpartisipasi di setiap permainan sehingga hubungan antar karyawan bisa terjalin dengan baik.
  • Mendorong kompetisi yang sehat. Kompetisi yang sehat adalah kompetisi yang tidak membuat pihak yang kalah merasa minder. Selain itu, ingatlah untuk menjaga agar kompetisi tersebut berjalan dengan suasana riang. Bersaing terlalu serius malah bisa berdampak buruk bagi persatuan tim.
  • Pertimbangkan kepribadian dan peran anggota tim. Team building harus fun, menyenangkan, tapi setiap orang punya cara yang berbeda untuk bersenang-senang. Tiap tim lain boleh punya aktivitas team building berbeda pula.
  • Jangan buat peserta takut akan kegagalan. Kegagalan di depan umum, dapat membuat anggota tim merasa malu. Maka, carilah aktivitas yang membuat karyawan merasa nyaman, yang menantang dan memotivasi tapi tidak menakutkan dan tidak memiliki risiko yang besar.

citra alam seaside

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *