Liburan memperingati Hari Raya Idul Fitri 1440 H, telah usai. Sebagian besar instansi pemerintah maupun perusahaan swasta sudah kembali buka dan para karyawan pun sudah mulai masuk kerja. Meski mungkin masih ada beberapa diantaranya yang mengambil cuti, karena liburan sekolah masih berlangsung.

Seringkali, dihari pertama masuk kerja setelah liburan panjang, ada rasa malas untuk menjalani rutinitas tersebut. Badan dan pikiran seolah masih nyaman dengan suasana libur yang tidak mengharuskan bangun pagi untuk pergi ke kantor, atau dikejar deadline atau target pekerjaan. Apalagi jika waktu liburan dihabiskan untuk bepergian ke luar kota, hingga membuat tubuh merasa masih lelah dan belum siap beraktivitas.

Ada beberapa tips yang dapat membuat anda segar dan semangat kembali untuk masuk kerja.

  1. Hindari begadang dan tidur lebih awal. Apabila selama liburan panjang anda sering tidur larut malam, maka ubahlah kebiasaan itu ketika sudah kembali beraktivitas. Hal tersebut penting dilakukan agar anda dapat kembali terbiasa memulai aktivitas di pagi hari serta mencegah rasa malas di hari-hari awal kembali masuk kerja. Cara ini juga bermanfaat bagi anda yang masih mengalami kelelahan karena bepergian selama liburan panjang.
  2. Konsumsi makanan bergizi beserta segelas lemon hangat ditambah madu. Mengubah pola makan merupakan salah satu cara efektif untuk mengembalikan stamina dan kebugaran tubuh agar siap kembali beraktivitas. Memasukkan menu lemon hangat dan madu sebagai minuman di pagi hari juga bisa memperbaiki kondisi tubuh yang mengalami kelelahan setelah bepergian jauh saat liburan. Dengan kembali pada pola mengonsumsi makanan sehat, tubuh akan menjadi lebih sehat dan lebih bersemangat untuk mengawali aktivitas bekerja.
  3. Berangkat kerja lebih awal. Tiba di kantor atau tempat bekerja sebelum jam masuk, akan memudahkan anda untuk mempersiapkan apa saja yang akan dikerjakan dan diselesaikan. Selain itu, anda juga masih memiliki banyak waktu untuk bersosialisasi dengan rekan kerja, sebelum jam masuk dimulai.
  4. Mendengarkan musik dan minum kopi sebagai teman saat bekerja. Terkadang dalam memulai atau ditengah waktu bekerja, tetap dibutuhkan penyemangat. Secangkir kopi dan musik-musik favorit dapat membantu anda mendapatkan kembali semangat dalam bekerja. Bukankah semangat atau mood sangat mempengaruhi produktivitas dan pencapaian kerja?
  5. Membuat jadwal dan rencana kerja. Dengan cara ini, anda akan terbantu untuk menentukan mana yang menjadi prioritas dalam bekerja. Tentukan jadwal dan rencana kerja mulai dari harian, mingguan hingga bulanan. Jika semua sudah tersusun dengan baik, anda bisa mendapatkan semangat kerja kembali.

Semoga kelima tips diatas dapat mengembalikan semangat kerja anda di awal hari-hari masuk kerja setelah liburan panjang hari raya. Selamat bekerja dan sukses selalu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *