“Mbak, saya itu ingin karyawan – karyawan saya bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik dan tidak main salah-salahan lagi saat bekerja.” Begitulah salah satu keluhan seorang atasan di sebuah perusahaan saat mencari informasi tentang kegiatan dan tempat outbound bagi karyawannya melalui kontak telepon. Berbagai informasi yang disampaikan perusahaan terkait kurangnya komunikasi, sulit membangun teamwork,  inovasi dan kreativitas, serta kedisiplinan sering muncul sehingga membawa dampak negatif bagi berkembangnya perusahaan. Salah satu solusi untuk mengatasi berbagai masalah tersebut adalah dengan mengajak karyawan melakukan kegiatan refreshing yang tetap memberi manfaat bagi pengembangan karakter, soliditas tim, dan kualitas kerja karyawan.

permainan games dragon ball di pantai anyer

Dalam kegiatan outbound terdapat beragam permainan seperti flying fox, arung jeram, highropes, paintball, banana boat dan sejumlah permainan team building. Rangkaian permainan itu bermuatan edukasi karena memiliki banyak manfaat selain sebagai sarana hiburan yang menyenangkan.  Namun demikian outbound tidak hanya menggunakan permainan atau games yang melatih ketangkasan dan kekuatan fisik tetapi juga bisa disisipkan permainan yang melatih cara berpikir dan berstrategi dalam memecahkan masalah. Permainan tersebut diperlukan dalam outbound sebagai kombinasi dan penyeimbang dari games fisik yang sudah banyak dikenal.

Selain melalui permainan, cara berpikir dan berstrategi juga bisa dilatih lewat motivasi dan pelatihan keterampilan. Misalnya bagaimana agar memiliki pola pikir yang selalu positif serta optimis dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Atau membangun team work dari sebuah pelatihan keterampilan seperti membuat sebuah benda dari tanah liat yang setiap bagiannya dikerjakan oleh anggota kelompok dengan pengaturan tugas masing-masing. Agar mendapatkan hasil yang sesuai bentuk dan ukurannya maka diperlukan kerja sama yang baik antar anggota kelompok.

salah satu games yang mengajak interaksi antar peserta

Hasil maksimal dari kegiatan outbound termasuk yang dikombinasikan dengan motivasi dan pelatihan keterampilan, dapat dicapai dengan dukungan panduan dan arahan dari instruktur profesional dan berpengalaman. Suasana yang akrab baik antar peserta maupun peserta dengan instruktur juga akan berpengaruh pada tercapainya hasil yang diinginkan dari kegiatan outbound.

Meski sekarang ini sudah banyak tempat menggelar kegiatan outbound, namun masih sedikit yang memiliki konsep untuk mengedukasi para peserta hingga tercapai goal yang telah ditetapkan. Sebagai tempat pendidikan alam terbuka yang menitik-beratkan pembelajaran pada praktek dan pengalaman nyata, Citra Alam memiliki pengalaman luas dalam menyelenggarakan outbound serta pelatihan seni budaya yang mampu mendorong para pesertanya untuk lebih baik.

foto bersama peserta outbound puskesmas kelapa dua tangerang

Outbound team building dan leadership Citra Alam terdiri dari kegiatan-kegiatan pengembangan karakter dan kerjasama tim dimana setiap personilnya dapat menciptakan peluang dan pengalaman unik yang dapat diimplementasikan dalam lingkungan kerja. Ketiga tempat outbound dengan nuansa berbeda yang dimiliki Citra Alam yakni Bogor, Tangerang dan Anyer, akan  memberikan kesan tersendiri bagi setiap peserta.

 



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


(021) 7310249 (021) 7321394


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *