Dalam sebuah kelompok, komunitas, organisasi, atau dalam skup yang lebih besar seperti instansi maupun perusahaan, dua kata ini mungkin sudah tidak asing lagi. Team Building, sering digunakan ketika ada sebuah kegiatan tertentu yang dilakukan secara bersama-sama atau kelompok.

Team Building adalah cara atau suatu kegiatan untuk mengembangkan kerja kelompok atau tim di suatu perusahaan dan organisasi. Tim atau kelompok sendiri merupakan sekumpulan orang  yang terdiri dari 2 orang atau lebih yang berinteraksi dengan stabil, merasa saling memiliki serta memiliki tujuan sama. Dalam manajemen, kerja tim dianggap dapat memberikan hasil akhir yang lebih efektif dibanding dengan kerja perorangan. Oleh karena itu dibutuhkan cara-cara tertentu untuk membangun soliditas dan kekompakan dalam mencapai tujuan atau menyelesaikan pekerjaan.

Pada organisasi maupun perusahaan, cara yang dilakukan untuk membangun tim adalah dengan mengikutsertakan karyawan atau anggota mereka dalam  kegiatan-kegiatan yang termasuk aktivitas team building didalamnya, seperti outbound. Kegiatan Outbound dianggap sebagai media pembelajaran karena lebih efektif dan mudah dipahami oleh karyawan atau anggotanya.

Ada banyak macam permainan team building, 6 diantaranya adalah :

  1.  Ice Breaking

Permainan yang sangat dikenal di dunia pelatihan (training), outbound, workshop dan sejenisnya ini, terdiri atas pencanangan komitmen kegiatan (goal setting), pembagian kelompok, juga soliditas kelompok. Seperti namanya, yang berarti pemecah kebekuan, permainan ini berguna untuk menghilangkan ketegangan peserta. Tujuannya adalah menstimulus antusiasme (pemanasan) bagi peserta, agar siap mengikuti seluruh kegiatan berikutnya. Ice breaking biasanya diisi dengan beberapa permainan yang mengundang tawa, namun tetap mengajak pesertanya untuk berkonsentrasi mengikuti arahan dari instruktur.

  1. Dragon Ball

Dalam permainan ini, peserta yang sudah terbagi dalam kelompok, memasukkan air ke dalam pipa berlubang yang berisi bola. Karena terdapat banyak lubang pada pipa, air pasti akan keluar melalui lubang tersebut. Tugas peserta lain adalah menutup lubang-lubang itu dengan tangan, supaya air dapat cepat penuh dan bola bisa keluar. Permainan ini berguna untuk menjalin kekompakkan untuk membangun kerja sama tim dalam menyelesaikan tantangan, belajar bertanggung jawab pada tugas masing-masing, serta rela berkorban untuk tercapainya tujuan bersama.

  1. Spider Web

Permainan bertipe strategic game ini bermanfaat menambah inovasi dan kreativitas tim dalam mencapai target, serta mengajarkan disiplin pada setiap para peserta — karena adanya sejumlah aturan di dalamnya. Dalam Spider Web, setiap peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi lain dengan cara melewati celah di jaring laba-laba raksasa. Perpindahan dilakukan dengan dibantu rekan yang lain. Selama permainan berlangsung, para peserta tidak boleh melalui lubang jaring yang sudah dilalui, badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat, serta tidak diperbolehkan melakukan lompatan.

  1. Mencari Bola Mas

Permainan yang berguna memupuk rasa saling percaya terhadap teman serta meningkatkan soliditas tim ini, menggunakan banyak bola berwarna-warni yang diletakkan dalam arena berbentuk persegi empat dan dibatasi oleh tali. Beberapa peserta dalam setiap kelompok ditutup matanya dan mengikuti instruksi untuk mengambil bola dengan warna tertentu. Sementara teman-teman lainnya menggerakkan letak bola yang akan diambil. Perlu ketegasan instruktur, agar para peserta dapat bermain sportif, karena permainan ini rawan kecurangan. Peserta yang ditutup matanya bisa saja mengintip dari balik penutup mata untuk mengambil bola yang diinstruksikan.

  1. Menara Air

Dalam permainan menara air, setiap kelompok diminta untuk tidur diatas pasir dengan menyatukan kedua kaki yang diangkat lurus ke atas, membentuk satu titik. Di atas kaki mereka diletakkan sebuah ember besar. Setelah ember diisi air dan sejumlah bola, para peserta harus mengambil kembali bolanya satu per satu dengan tangan. Saat bola sudah habis, ember harus dibawa kembali ke bawah, tanpa tumpah. Permainan ini melatih konsentrasi, kekompakkan dan kerja sama tim untuk mempertahankan kekuatan kaki, agar ember yang berisikan air tetap dalam posisinya.

  1. Tarik Tambang Lumpur

Cara memainkan permainan ini sama dengan tarik tambang yang biasa dilakukan. Hal yang membedakannya adalah tempat bermainnya di dalam lumpur sehingga tingkat kesulitannya pasti lebih besar. Selain perlu kekompakan masing-masing tim, menjaga keseimbangan juga sangat penting karena jika terjatuh pasti akan masuk dalam lumpur berbau.

Keenam permainan team building tersebut dapat diikuti dalam outbound di Citra Alam, tempat wisata edukatif yang menyediakan berbagai kegiatan alam terbuka seperti outbound dan camping dengan pemandangan alam yang indah. Karena seperti namanya, outbound biasa digelar di luar ruangan dan mengambil lokasi yang masih terjaga keasriannya seperti pegunungan, pantai, hutan, dll. Dengan mengusung konsep alam terbuka itulah Citra Alam memiliki memiliki 3 lokasi yang memiliki keindahan alam dengan panorama berbeda, yakni Citra Alam Riverside di Bogor, Citra Alam Lakeside, Situ Gintung, Ciputat, dan Citra Alam Seaside, Anyer.

Menggelar kegiatan outdoor bagi karyawan perusahaan maupun anggota organisasi selain bermanfaat sebagai penyegaran bagi mereka juga dinilai efektif memberikan pembelajaran maupun arahan untuk menyelesaikan pekerjaan. Melalui berbagai simulasi maupun games berkelompok yang dipandu oleh team instruktur, diharapkan para peserta outbound team building dapat belajar memahami peran masing-masing, bersikap saling menghargai, terbuka dan memegang teguh komitmen. Selain itu dalam berinteraksi dengan sesama anggota kelompok atau kelompok lain, peserta diajak untuk saling berbagi tugas dan peranan, rela berkorban serta membentuk ikatan kebersamaan yang bersinergi agar terbangun semangat kerja tim yang solid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *