Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam dunia kerja, upaya meningkatkan kualitas SDM salah satunya dapat dilakukan dengan menggelar training secara outdoor atau di luar ruangan, melalui kegiatan outbound. Oleh karena tujuannya adalah meningkatkan kualitas SDM, maka kegiatan outbound yang terselenggara juga harus berkualitas. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk menggelar outbound berkualitas? 

Tim Penanggung Jawab Acara 

Anggaran 

Untuk menyusun acara berkualitas butuh sebuah tim dengan jumlah anggota yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain menyusun acara, tim juga bertugas meyakinkan atasan agar menyetujui diadakannya kegiatan tersebut, membuat segala persiapannya, serta mengatur seluruh acara agar berjalan dengan baik.

Penentuan waktu dan lokasi 

Hal yang paling penting dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan adalah anggaran. Kegiatan dengan anggaran besar tidak selalu bisa berjalan dengan lancar dan lebih berkualitas. Sebaliknya, jumlah anggaran yang tidak terlalu besar pun apabila dikelola dengan tepat dan cermat bisa menghasilkan kegiatan berkualitas.

Tergantung kebutuhan apakah anda akan menentukan waktu kegiatan atau lokasi kegiatan terlebih dulu. Namun pastikan anda punya waktu yang cukup (setidaknya 1 bulan) untuk perencanaan dan persiapan sebelum hari H kegiatan. Jika waktu pelaksanaan kegiatan yang lebih dulu ditentukan, anda juga harus menyesuaikan dengan anggaran apakah memadai untuk kegiatan dengan jumlah peserta yang direncanakan. Pendapat seluruh karyawan atau perwakilan divisi seringkali diperlukan dalam menentukan waktu dan lokasi kegiatan ini.  

Banyak tempat yang menawarkan kegiatan di alam terbuka dengan berbagai wahana yang menyenangkan dan menantang, tetapi harga akan lebih murah dan terjangkau jika sistem penawarannya berupa paket kegiatan yang sudah mencakup tiket masuk, biaya sewa tempat, konsumsi, serta kegiatan apa saja yang ada didalamnya. 

Tema dan susunan acara

Menggelar kegiatan outbound sebaiknya tidak hanya sebagai sarana untuk liburan atau hiburan semata, melainkan ada maksud dan tujuan didalamnya. Itulah mengapa sebuah tema dianggap penting. Setidaknya ada 3 alasan pentingnya ditentukan tema kegiatan. Apabila tema sudah ditentukan, tim dapat menentukan susunan acara yang disesuaikan dengan tema tersebut. Pihak lokasi penyelenggara kegiatan outbound yang memiliki fasilitas lengkap termasuk pemandu atau instruktur biasanya dapat membantu menyusun rangkaian acara mulai dari tiba di lokasi hingga berakhirnya seluruh kegiatan. 

Menentukan goal kegiatan 

Contoh Summary Kegiatan

Tolok ukur berhasil atau tidaknya sebuah kegiatan harus ditentukan melalui goal yang akan dicapai. Goal bisa sama atau berbeda dari tema kegiatan. Misalnya kegiatan dengan tema “Tingkatkan Kebersamaan dan Junjung Tinggi Solidaritas” dapat memiliki goal untuk tercapainya rasa saling memiliki diantara para karyawan, tidak ada lagi karyawan yang hitung-hitungan dalam hal pekerjaan. 

Bermacam permainan outbound

Agar keseluruhan acara outing perusahaan berkualitas dan bisa efektif mencapai tujuan untuk kemajuan perusahaan, maka setiap tahapannya harus bisa berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan. Apabila ada perubahan jadwal, sebaiknya dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan tim atau peserta, untuk menghindari terjadinya kesalah-pahaman. Hal terpenting adalah membuat keseluruhan acara sebagai kesempatan untuk bersenang-senang yang mendatangkan banyak manfaat bagi para pesertanya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *