Kesibukan seseorang dalam menjalani aktivitas rutinnya setiap hari kerap menimbulkan rasa letih baik fisik maupun psikis. Letih fisik bisa berakibat gangguan kesehatan pada tubuh, sementara letih psikis dapat berpotensi mengganggu kesehatan mental seseorang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak hingga remaja pun bisa mengalami gangguan kesehatan mental. Biasanya ditunjukkan dengan emosi yang tidak stabil, Untuk itu sangat diperlukan melakukan kegiatan yang tidak hanya menyehatkan badan secara fisik, tetapi juga mental. Salah satunya adalah rutin menyediakan waktu untuk menikmati keindahan alam, khususnya di kawasan pantai.

panggung hiburan di kawasan anyer

Sebuah penelitian menyebut perasaan damai dan tenang luar biasa yang bisa dialami saat berkunjung ke pantai sebagai ruang biru. “Ruang”, menurut para ilmuwan merupakan efek kombinasi antara bau dan suara air yang mendatangkan kebahagiaan di dalam otak. Seperti dikutip dari laman corespirit.com, “ruang biru” mampu membuat kita merasa nyaman, layaknya seperti dihipnotis. Ketika kita merasa betapa rileksnya berada di pantai, ternyata bukan hanya terasa di kepala tetapi merupakan juga bisa mengubah cara otak bereajsu terhadap lingkungan hingga memunculkan perasaan bahagia, rileks dan seolah mendapatkan energi baru.

Berikut ini 4 efek positif dari “ruang biru” :

  1. Pergi ke pantai mengurangi stres.

games menyenangkan di tepi pantai anyer

Di dalam air terdapat ion positif yang secara alami dikenal memiliki kemampuan untuk memberikan rasa nyaman. Jadi ketika melompat ke dalam air untuk berenang, menyelam atau hanya sekedar mencelupkan jari-jari ke dalam air, tubuh pasti akan merasa rileks.

  1. Pergi ke pantai membuat kreatif.  

Para ilmuwan percaya bahwa solusi untuk menjernihkan pikiran dari beragam beban adalah pergi ke pantai. Berada di “ruang biru” memungkinkan kita tak hanya menjernihkan kepala, tapi juga mendekati masalah atau proyek yang menjadi beban kita dengan cara yang lebih kreatif. Sama seperti meditasi, pantai memicu perasaan tenang yang memungkinkan kita untuk menyetel semua hal lain, lalu merenungkan apa yang kita butuhkan untuk fokus.

  1. Pergi ke pantai mengurangi depresi.  

Jika pada poin pertama pantai dapat memberikan rasa rileks melalui air sehingga dapat mengurangi stress, pantai juga dapat membantu mengurangi perasaan depresi. Suara hipnotik dari ombak yang dikombinasikan dengan pemandangan dan bau pantai dapat menempatkan kita ke ruang meditasi.

bermain di pinggir pantai anyer

  1. Pantai mengubah perspektif kehidupan.  

Perspektif kehidupan seperti apa yang bisa diubah ketika anda sering mengunjungi pantai? Pastinya perubahan ke kehidupan yang lebih baik. Sebab alam pada umumnya selalu menjadi faktor dalam sebuah kehidupan bahagia yang sehat. Sementara pantai sangat baik untuk jiwa.

Jadi….tunggu apa lagi! Segera masukkan agenda “Mengunjungi Pantai” untuk mengisi waktu libur anda secara rutin. Bisa sebulan sekali atau dua bulan sekali, jika ingin membuktikan efek dari ‘ruang biru’ bagi kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *