Bukan hal mudah untuk mempersiapkan pelaksanaan suatu kegiatan yang melibatkan atau mengikutsertakan banyak orang. Apalagi jika ada tujuan tertentu yang ingin dicapai dalam kegiatan itu. Dibutuhkan pula kerjasama yang baik agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuannya. Adanya kesalahan atau kekurangan mungkin saja wajar terjadi, tetapi meminimalisirnya akan lebih baik. Prinsip-prinsip tersebut sudah menjadi standart dalam setiap pelaksanaan kegiatan apapun, tak terkecuali kegiatan yang digelar di alam terbuka seperti outbound.

Kegiatan outbound biasanya diikuti oleh banyak peserta dan memiliki konsep dengan tujuan  yang akan dicapai. Dari konsep dan tujuan itulah dapat ditentukan jenis permainan apa yang akan mengisi kegiatan outbound tersebut. Selain itu berbagai pendukung kegiatan juga penting untuk diperhatikan seperti kebutuhan makan dan minum peserta, penyediaan fasilitas serta peralatan apa saja yang akan digunakan. Semuanya itu harus dipersiapkan setidaknya paling lambat 1 hari sebelum kegiatan.

Berikut ini tahapan persiapan pelaksanaan kegiatan outbound di lokasi

1. Briefing instruktur outbound

Sebelum kegiatan berlangsung, para instruktur melakukan koordinasi serta pembagian tugas terlebih dahulu. Apalagi jika dalam waktu 1 hari ada beberapa rombongan yang akan ditangani maka perlu menunjuk beberapa tim untuk setiap rombongan peserta outbound. Selanjutnya dilakukan koordinasi penggunaan aula serta lapangan yang akan digunakan untuk kemudian disesuaikan dengan jenis permainan yang sudah dipilih peserta.  Rundown acara harus sudah diketahui tim instruktur setidaknya H-2 kegiatan. Pada bagian akhir briefing, diisi dengan penyampaian spirit dan motivasi dengan tujuan agar seluruh kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

ruang kontrol kegiatan outbound di Bogor

3. Mempersiapkan peralatan outbound

Jenis permainan dalam outbound, ada yang harus menggunakan peralatan, ada juga yang tidak. Permainan yang menggunakan peralatan khusus dengan standart keamanan tertentu seperti flying fox, arung jeram, banana boat, dan balance beam. Sedangkan peralatan dalam games team building disesuaikan dengan tema permainannya. Jika tim instruktur sudah memiliki rundown acara, akan memudahkan untuk mempersiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan.

Memastikan kesiapan seluruh fasilitas yang akan digunakan

Dalam setiap kegiatan outbound akan membutuhkan sejumlah fasilitas pendukung, seperti arena lapangan, aula beserta soundsystem, tenda camping, kolam renang, sarana peribadatan hingga toilet. Seluruh fasilitas itu harus dipersiapkan agar saat peserta menggunakannya harus dalam keadaan bersih serta berfungsi dengan baik. Selain untuk mendukung kegiatan, fasilitas juga diperlukan untuk memberikan kenyamanan  kepada setiap peserta.

4. Menyiapkan hidangan bagi para peserta

Kebutuhan makan dan minum peserta selama kegiatan outbound merupakan hal yang harus diperhatikan. Bahkan jenis menu yang ditawarkan termasuk dalam salah satu pertimbangan peserta dalam menentukan lokasi untuk menggelar kegiatan. Penyediaan makanan dan minuman untuk kegiatan yang berlangsung 1 hari tentu saja berbeda dengan kegiatan camping. Selain itu jumlah peserta kegiatan juga akan menentukan lamanya persiapan yang harus dilakukan. Tim konsumsi akan mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan dimasak setidaknya 2 hari sebelum kegiatan. Pengalaman luar biasa pernah dialami tim konsumsi Citra Alam Riverside, Bogor saat mempersiapkan konsumsi untuk sekitar 1000 siswa  peserta kegiatan camping Pramuka. Saat ini, penyajian makanan saat kegiatan di seluruh lokasi Citra Alam hanya dengan cara prasmanan agar semangat kebersamaan dapat dirasakan oleh setiap peserta.

mempersiapkan hidan gan makan untuk peserta

5. Menata kembali peralatan usai kegiatan

Saat kegiatan outbound berakhir bukan berarti pekerjaan crew di lokasi selesai. Mereka masih bertanggung jawab menata kembali peralatan termasuk melakukan perawatan terhadap peralatan dan fasilitas yang ada. Tujuannya agar kebersihan dan kualitas peralatan tetap terjaga sehingga ketika harus digunakan kembali, peralatan sudah siap dalam kondisi yang baik. Salah satu contoh peralatan untuk kegiatan yang harus selalu dirawat dengan baik adalah tenda camping. Perawatan penting dilakukan agar tenda awet dan nyaman  saat digunakan.

membersihkan tenda camping sebagai tahap perawatan

Adalah merupakan tanggung jawab seluruh crew lokasi untuk melakukan setiap tahapan persiapan penyelenggaraan kegiatan. Sebagai penyedia fasilitas penyelenggaran kegiatan di alam terbuka, optimalisasi pelayanan yang excelent merupakan salah satu fokus Citra Alam dalam memberikan pelayanan kepada setiap pengunjungnya. Menjadikan setiap kegiatan berlangsung baik dan lancar serta memberikan kesan yang baik kepada setiap pengunjung  adalah tujuan utamanya.

instruktur outbound beraksi memandu kegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *