kemah thomas

“Alam adalah ibu, dia adalah sekolah terbaik untuk anak-anaknya, tempat terbaik untuk pulang, tempat terbaik untuk pelarian di saat kita membutuhkan semangat baru”. Kalimat bijak ini sering kali digunakan para pecinta alam untuk memotivasi dirinya, bahwa seperti apapun keadaan kita alam merupakan salah satu tempat untuk berteduh paling nyaman.

thomas holdingBicara sejarah camping, The father of recreational camping adalah Bapak Thomas Hiram Holding, Ia adalah seorang penjahit Inggris dan sebagai pendiri perkemahan modern. Sejak kecil, beliau sering berkelana menghabiskan banyak waktu dengan orang tuanya bepergian di padang rumput Amerika.

Perjalanan dengan mobil wagon sejauh 1.200 mil dilakukan sekitar tahun 1.853 ketika berumur 9 tahun. Petualangan tersebut sangat menginspirasi Thomas untuk membuat buku teks pertama tentang berkemah pada tahun 1908. Buku tersebut menyajikan dasar-dasar berkemah. Jelajah Thomas sambil berkemah lantas merambah ke Skotlandia dengan berperahu. Kemah dan bersepeda dilakukannya di Irlandia. Peralatan tenda portable pun dirancangnya. Buku berikutnya pun terbit berjudul: “Cycle and Camp in Connemara” pada tahun 1898.

Pada Zaman dahulu peralatan camping masih sangat sederhana hanya memanfaatkan barang-barang bekas, bahkan tenda pun hasil jahitan sendiri, tanpa alat penerangan, dan hanya memanfaatkan alat-alat pendukung dari alam. Namun, seiring berjalannya waktu camping menjadi kegiatan yang sangat digemari banyak orang mulai anak sampai dewasa terlebih bagi mereka pecinta alam. Peralatan yang dulu sederhana pun saat ini sudah mengalami banyak perubahan seiring perkembangan zaman.

kemah di citra alam

Peralatan yang digunakan saat ini pun sangat menarik dan inovatif. Sentuhan teknologi membuat fasilitas camping terasa di rumah sendiri aman, nyaman, dan dengan cara pemasangan tenda yang praktis yaitu menggunakan tenda dome . Jika dulu peralatan masak hanya menggunakan tungku yang terbuat dari batu dan ranting saat ini sudah menggunakan kompor darurat yang bisa dibawa kemana saja dan praktis. Dahulu hanya menggunakan alat penerangan senter baterai dan seadanya bahkan kita bisa menikmati suasana alam dengan natural namun saat ini sudah menggunakan lampu petromaks. Semua fasilitas camping saat ini benar-benar sudah modern.

Kegiatan camping juga memiliki banyak macam mulai dari camping pramuka, camping edukatif, camping outbound, camping umum, dan camping gathering. Kegiatan camping bisa diracik dengan beberapa aktivitas yang menarik agar pelaksana camping bisa menikmati setiap moment di alam dan tentunya menyenangkan ketika lebih dekat dengan alam. Dengan menyelenggarakan kegiatan camping di alam bebas diharapkan semua peserta memiliki sikap mandiri, disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap alam sekitar.

Meski pun konsep kegiatan camping saat ini sangat unik dan menarik tapi tetap saja camping dengan konsep masa lalu paling dikangenin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *