Rekreasi edukatif atau rekreasi yang tak hanya sekedar jalan-jalan melainkan juga memiliki nilai edukasi, biasanya bisa dilakukan dengan mengunjungi museum atau tempat bersejarah. Namun semasa pandemi masih berlangsung, banyak lokasi museum dan tempat bersejarah ditutup untuk memutus penyebaran virus. Untuk memenuhi kebutuhan rekreasi masyarakat, pemerintah pun merekomendasikan agar mengunjungi lokasi wisata di alam terbuka sambil tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, tetap menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. 

Sebagai lokasi wisata alam terbuka, Citra Alam menjawab kebutuhan masyarakat untuk berekreasi yang memiliki nilai edukasi. Dengan begitu, siapapun dapat berkunjung mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Terlebih jika anda memiliki anak-anak yang masih berada di usia sekolah. Sambil refreshing melepas kejenuhan karena lebih banyak aktivitas di rumah, anak-anak dapat menghabiskan waktu bermain di alam terbuka sambil melihat berbagai wahana dan fasilitas bernuansa kebangsaan. Hal tersebut bisa menjadi alternatif anak untuk berekreasi sambil belajar. 

Wahana dan fasilitas bernuansa kebangsaan inilah yang membedakan Citra Alam dengan lokasi wisata alam lainnya. Di dua lokasi yaitu Citra Alam Riverside, Bogor dan Citra Alam Lakeside, Ciputat, tersedia wahana dan fasilitas tersebut.

Dinding Sumpah Pemuda

dinding yang melukiskan kejadian sumpah pemuda

Disini pengunjung dapat melihat aneka keberagaman budaya bangsa lewat lukisan keberagaman agama dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Lalu terdapat lukisan pencipta lagu Indonesia Raya WR. Soepratman dengan latar belakang gambaran peristiwa sumpah pemuda. Saat momentum sumpah pemuda itulah, lagu Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan. Dinding sumpah pemuda ini menjadi salah satu view yang banyak dipilih pengunjung untuk berfoto

Patung Bung Karno dan Miniatur Istana Negara

Area Citra Alam Riverside yang juga sering dipilih pengunjung untuk berfoto ini memiliki makna pentingnya peran kepemimpinan nasional yaitu lembaga kepresidenan dalam menjalankan pemerintahan di Indonesia. Seperti diketahui, Bung Karno yang merupakan Presiden pertama RI merupakan tokoh yang mampu membawa Indonesia ke gerbang revolusi, menjadi negara yang mendapat pengakuan dari dunia internasional. 

Gerbang Kemerdekaan

Bentuknya yang menyerupai gerbang atau pintu masuk bertuliskan kemerdekaan memberikan makna bahwa bentuk penjajahan apapun harus dihapuskan. Dengan kemerdekaan, suatu bangsa akan mudah melaksanakan pembangunan sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Gerbang Kemerdekaan yang terdapat di Citra Alam Riverside dan Citra Alam Lakeside menjadi fasilitas untuk kegiatan outbound kebangsaan. Dengan dipandu oleh seorang pemateri, setiap peserta akan memperoleh pemahaman tentang makna kemerdekaan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Miniatur Rumah Ibadah dan Rumah Adat 

miniatur rumah adat dan rumah ibadah menggambarkan kebhinekaan

Di area ini terdapat miniatur masjid, gereja, pura, wihara serta miniatur rumah adat sejumlah suku di Indonesia, seperti rumah adat papua dan batak. Area miniatur rumah adat dan rumah ibadah akan memberikan pemahaman tentang keberagaman Indonesia yang memiliki banyak suku, agama dan adat istiadat, tetapi tetap dalam satu bingkai negara kesatuan RI. 

gerbang bhinneka tunggal ika citra alam lakeside

Dengan mengedepankan visi dan misi yang bernilai pendidikan karakter bangsa, diharapkan rekreasi bernuansa kebangsaan Citra Alam dapat memberikan sumbangsih bagi terciptanya masyarakat  yang berkarakter dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, demi tercapainya  cita-cita kemajuan bangsa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *