Kurang lengkap rasanya jika berwisata tanpa menikmati sajian kuliner istimewa. Tak hanya merelaksasi mata, menyegarkan badan dan pikiran dengan pemandangan alam yang indah, setiap orang yang melakukan kegiatan wisata juga memperhatikan ragam kuliner khas apa saja dari suatu daerah. Apalagi jika tujuan wisata memiliki ciri khas kuliner tertentu yang selalu menjadi incaran para pengunjungnya. Seperti apa ragam kuliner khas yang bisa melengkapi suasana liburan?

Dalam artikel sebelumnya sudah dijelaskan apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih tempat berlibur, dimana kuliner adalah salah satunya.  Pengunjung yang belum pernah mencicipi makanan khas tertentu pasti akan merasa penasaran untuk mencobanya, sementara bagi yang sudah pernah akan datang kembali karena merasa ketagihan. Tak heran jika suatu daerah yang memiliki kuliner khas, akan ramai dikunjungi wisatawan.

Dari pengalaman setiap pengunjung menikmati kuliner khas di suatu daerah, akan berpotensi mendatangkan pengunjung yang semakin banyak. Pengalaman tersebut bisa diceritakan dari mulut ke mulut oleh pengunjung bersangkutan kepada keluarganya, teman, maupun kerabatnya.  Belum lagi jika pengunjung tersebut aktif di dunia maya, dia akan membagikan pengalamannya itu melalui postingan di sosial media atau tulisan di blog pribadinya yang memungkinkan untuk dibaca oleh masyarakat umum.

Bagi anda yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi jika memilih tempat liburan yang dekat dengan kota dan tidak menghabiskan waktu lama di perjalanan. Selain menghemat waktu, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar apabila menghabiskan liburan dengan jarak yang terlalu jauh. Apalagi di sekitar Jakarta sudah banyak tempat-tempat wisata yang menarik dikunjungi, termasuk memiliki ragam kuliner khas.

Berikut ini beberapa daerah di  Bogor, Tangerang dan sekitarnya yang mempunyai kuliner khas dan selalu dibanjiri pengunjung  :

1. Bogor

Jika berkunjung ke kota hujan, masih ada yang kurang kalau belum menikmati 3 hidangan legendaris ini, yakni Soto Mi Bogor, Asinan Bogor dan Toge Goreng. Satu porsi soto mi dihidangkan dengan potongan daging, kikil, irisan kol, mi kuning, bihun, risol, lengkap dengan taburan daun seledri dan bawang goreng. Makanan lain yang wajib disantap adalah toge goreng, yang kini pamornya sudah hampir pudar seiring makin banyaknya menu kekinian. Meski demikian bagi pecinta khas kuliner daerah, toge goreng masih legendaris.

Dibuat dari tumisan kecambah, potongan tahu, ketupat atau lontong, serta mi kuning yang disiram saus dari tauco. Untuk melengkapi jelajah kuliner di kota Bogor, asinan bogor jangan sampai ketinggalan. Cita rasanya yang pedas asam menyegarkan sangat pas dinikmati saat siang hari. Asinan bogor memiliki 3 jenis yakni asinan sayuran, asinan buah atau asinan kombinasi.

2. Banten

Mungkin provinsi ini dianggap jarang menjadi tujuan liburan, namun sebenarnya banyak obyek wisata yang ada disini. Di wilayah Cilegon misalnya terdapat tempat wisata pantai anyer, pantai carita, karang bolong, dan sejumlah tempat wisata bernuansa pantai lainnya. Ada juga banyak hotel, penginapan maupun restoran di kawasan tersebut, sama halnya seperti kawasan wisata lain pada umumnya. Lalu apa saja jenis kuliner yang banyak menjadi incaran para wisatawan?

  • Sate Bandeng

Sehubungan dengan lokasi wisata yang dekat dengan laut, maka tak heran jika jenis kuliner yang banyak dijumpai berasal dari ikan. Sate bandeng merupakan olahan ikan bandeng tanpa duri yang dibuat dengan cara menumbuk daging bandeng yang telah dihilangkan durinya. Kemudian daging bandeng yang telah ditumbuk, dicampur bumbu-bumbu serta ditusukkan pada bambu seperti sate. Sama seperti hidangan sate lain, sate bandeng juga dibakar diatas arang, sebelum dihidangkan.

  • Kue Apem

Terbuat dari bahan baku tepung beras yang dicampur dengan tape atau peuyeum yang sudah di fermentasi, kue apem konon menjadi salah satu favorit Sultan Banten. Di Banten, masyarakat biasa menyantap kue apem dengan cairan gula merah atau kinca. Untuk mereka yang tidak menyukai gula, bisa menggantinya dengan madu atau sirup.

  • Emping dan Petai

Jika anda menyusuri sepanjang jalan raya anyer, anda pasti akan menjumpai tempat-tempat yang menjual bermacam oleh-oleh. Makanan yang menjadi oleh-oleh khas cilegon yang banyak ditemukan adalah emping dan petai. Dengan harga yang murah, tak heran jika kedua bahan makanan tersebut selalu menjadi incaran pengunjung.

  1. Ciputat , Tangerang Selatan

Tujuan wisata tak selalu harus jauh di luar kota atau luar provinsi. Apabila anda sedang enggan untuk menempuh perjalanan jauh guna mengisi waktu liburan anda, mungkin anda bisa mencoba mengunjungi tempat rekreasi yang ada di dalam kota. Nah jika tujuan wisata yang menjadi pilihan masih berada di wilayah Jabodetabek atau kawasan Tangerang dan sekitarnya, beberapa menu tradisional bisa melengkapi jalan-jalan anda, seperti soto betawi berkuah santan yang disajikan dengan daging. Ada juga nasi jamblang dengan beraneka pilihan lauk seperti orek kering tempe, tempe bacem, sambal goreng kentang, rendang, jengkol dan lain-lain. Hidangan khas yang sudah melegenda itu bisa dijumpai di sekitar kampus kedokteran UIN Jakarta. 

Ragam kuliner juga menjadi faktor yang sangat diperhatikan oleh pengunjung di tempat wisata alam, seperti tempat wisata yang berada di kawasan pegunungan, pantai, danau,  hutan, dsb.

Ketika anda berwisata di kawasan pegunungan terlebih dengan kegiatan yang banyak mendekatkan diri pada alam, maka hidangannya pun disesuaikan. Jenis kuliner seperti aneka rebusan dan minuman hangat bisa menjadi pilihan makanan kecil di sela kegiatan yang sedang diikuti. Anda juga bisa menikmati aneka jajanan pasar yang memiliki cita rasa khas Indonesia.

Untuk makanan utama, menu khas Indonesia seperti sayur asem lengkap dengan ayam goreng, ikan asin, tempe goreng dan sambal terasi bisa menjadi pilihan saat berwisata di wilayah pegunungan yang berhawa sejuk. Sedangkan untuk lokasi wisata di kawasan pantai, menu hidangan laut akan terasa lebih pas di lidah seperti ikan goreng atau balado, sayur lodeh dan  bakwan jagung yang lengkap dengan sambalnya.

Ragam menu khas dengan cita rasa Indonesia masih digemari sebagai pelengkap acara liburan maupun berbagai kegiatan wisata alam. Dengan tetap menjadikan kuliner khas sebagai  jawara di negeri sendiri, berarti kita juga ikut melestarikan warisan bangsa yang menjadi  kekayaan di negeri ini.  

 

Link :

  1. http://citizen6.liputan6.com/read/3047242/6-kuliner-legendaris-khas-bogor-yang-tetap-eksis
  2. https://halomuda.com/makanan-khas-bandung/
  3. http://travel.kompas.com/read/2016/05/06/224030327/.nyaaaam.ini.5.kuliner.khas.wajib.santap.di.cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *