Mendekati tahun ajaran baru, setiap sekolah biasanya sudah mulai merancang kegiatan apa saja yang akan mengisi agenda belajar mengajar selama 1 tahun. Selain dilakukan di dalam lingkungan sekolah, kegiatan belajar mengajar juga dilakukan di luar sekolah. Tujuannya adalah menghindari kejenuhan dari suasana kelas serta  memperluas wawasan siswa dan para guru. 

Berikut ini ragam kegiatan sekolah yang sering digelar di setiap tahun ajaran : 

  1. Study Tour

Seperti namanya, jalan-jalan untuk belajar, kegiatan ini merupakan program yang diselenggarakan pihak sekolah dengan mengunjungi tempat-tempat yang bisa memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada para siswa. Study tour biasanya mengambil tujuan museum atau tempat-tempat bersejarah. Namun dalam perkembangannya saat ini, program study tour dapat diisi dengan berbagai kegiatan edukasi, misalnya pelatihan seni budaya

  1. Field Trip 

Field Trip adalah perjalanan yang dilakukan oleh pelajar untuk mendapatkan pengalaman baru secara langsung dan termasuk dalam kurikulum dari sekolah. Oleh karena itu Field Trip merupakan hal penting bagi perkembangan anak. Contoh kegiatan field trip yang bisa membangun kreativitas anak seperti pelatihan membatik, pelatihan membuat keramik (gerabah), dan pelatihan angklung. 

  1. Camping 

Camping merupakan kegiatan bermalam di alam terbuka yang diisi dengan berbagai aktivitas seru dan bermanfaat. Untuk program sekolah, camping dapat dilakukan saat acara orientasi, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa dan ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, dan Paskibra. Dalam camping, siswa akan banyak belajar mengenai kemandirian, kedisiplinan, tanggung jawab, serta kebersamaan dengan teman dan guru. 

  1. LDKS 

Seperti namanya, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mencetak calon pemimpin di kalangan siswa sekolah. LDKS merupakan program wajib setiap sekolah mulai jenjang SLTP keatas. Saat ini materi LDKS disesuaikan dengan perkembangan program pendidikan melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL) atau pendekatan kontekstual yang diharapkan dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai keluarga dan masyarakat. Tujuannya adalah mempersiapkan proyeksi pendidikan abad 21 sebagai bekal bagi generasi di masa depan. 

  1. Perpisahan Sekolah  

Acara perpisahan sekolah merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan setiap sekolah di seluruh jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga SMA, pada akhir tahun ajaran. Pelaksanaannya seringkali di luar sekolah meski ada juga yang digelar di lingkungan sekolah. Susunan acara dalam perpisahan sekolah biasanya formal namun tetap meninggalkan kesan mendalam bagi para siswa, guru maupun orang tua siswa. 

Silahkan rencanakan kegiatan apa saja yang akan mengisi Program Sekolah di tahun ajaran 2020 / 2021. Dengan penerapan Kenormalan Baru bisa memberikan gambaran agenda seperti apa yang akan dibuat untuk kegiatan sekolah. Anda bisa menghubungi kontak kami, untuk informasi seputar Program Kegiatan Sekolah Outdoor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *