Sebagai sebuah tradisi tahunan yang dilaksanakan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, menggelar acara halal bi halal memiliki makna tersendiri. Tradisi yang hanya milik masyarakat Indonesia ini pun tak hanya sekedar tradisi tetapi juga memiliki manfaat luar biasa bagi tetap terjaganya kerukunan dan tali persaudaraan.

Dalam perkembangannya dari tahun ke tahun, tradisi halal bi halal dilaksanakan mulai hari H lebaran hingga satu bulan setelah lebaran.  Acara halal bi halal yang dilakukan pada hari pertama sampai ketiga Idul Fitri  biasanya merupakan acara internal keluarga yakni keluarga inti dan keluarga besar. Usai shalat ied, anggota keluarga saling bermaaf-maafan dan mengunjungi tetangga terdekat hingga sanak keluarga yang berada di dalam maupun luar kota. Selanjutnya ketika sudah masuk hari kerja, halal bi halal dilakukan di hampir seluruh instansi atau perusahaan. Acaranya berupa bersalam-salaman saling memaafkan dan makan bersama.

Namun kini lebih banyak lagi kegiatan yang menjadi pilihan mengisi acara halal bihalal, diantaranya :

foto bersama acara gathering perusahaan

  1. Gathering.

Kegiatan ini paling banyak dipilih karena dianggap lebih praktis dan bisa melibatkan peserta dari berbagai usia. Gathering biasanya diisi dengan panggung hiburan, makan bersama dan doorprize. Penyelenggara acara halal bi halal yang memilih gathering umumnya adalah keluarga, perusahaan, organisasi dan komunitas.

permainan flying fox dalam outbound

  1. Outbound

Saat ini outbound sudah menjadi kegiatan yang banyak diminati karena berisi berbagai permainan. Kegiatan yang digelar di alam terbuka ini sarat manfaat seperti untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, mengajarkan kerja sama, serta melatih keberanian. Karena outbound terdiri dari berbagai permainan berkelompok, membutuhkan peralatan khusus serta arahan dari instruktur, maka pesertanya pun harus berupa rombongan.

kegiatan kemping keluarga bernuansa pantai

  1. Family Camping

Meski kegiatan ini tak banyak menjadi pilihan untuk mengisi acara halal bi halal, namun bisa menjadi kegiatan seru dan memiliki kesan tersendiri bagi  setiap pesertanya. Bayangkan saja, bermalam di alam terbuka dengan menggunakan tenda camping bersama saudara maupun kerabat dan keluarganya pastilah menyenangkan. Dalam kegiatan tersebut kita bisa mengajak seluruh anggota keluarga belajar hidup mandiri, menjauhi sejenak dari berbagai kemudahan ketika saat berada di rumah.

Ketiga pilihan kegiatan yang bisa mengisi acara halal bi halal tersebut dapat memberikan ide maupun inspirasi bagi anda untuk merayakan lebaran. Jika para tokoh nasional menggagas istilah halal bi halal sebagai solusi mengatasi pertengkaran elit politik pada masa setelah kemerdekaan diproklamirkan, maka sekarang menjadi tugas generasi masa kini melanjutkannya dengan hal bermanfaat. Berupa kegiatan yang bisa membentuk karakter yang baik yang bisa diwariskan pada generasi mendatang.

 

TINGGALKAN KONTAK ANDA, KAMI AKAN MENGHUBUNGI?



================================= ATAU ==============================

Dapatkan informasi yang menarik tentang kegiatan wisata edukasi di Citra Alam, langsung di inbox anda.

* indicates required




Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


(021) 7310249 (021) 7321394


Atau tinggalkan kontak anda, kami akan menghubungi



2 thoughts on “Ragam Kegiatan Outdoor Menarik isi Acara Halal Bihalal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *