Sebagai orang tua yang memiliki kesibukan berbagai rutinitas kerja seringkali tidak mempunyai banyak waktu bersama anak dan keluarga. Mempunyai banyak waktu yang berkualitas atau quality time bersama anak merupakan harapan bagi semua orangtua namun terkadang rutinitas pekerjaan menghambat harapan tersebut. Tetapi jangan khawatir, kita sebagai orangtua bisa memanfaatkan waktu liburan untuk mendapatkan quality time bersama keluarga dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang memiliki pemandangan indah dan nyaman dilengkapi fasilitas serta aktivitas yang menunjang liburan kita bersama keluarga.

family gathering Citra Alam RiversideMengajak keluarga berlibur di alam terbuka dengan melakukan aktivitas petualang yang sedikit menantang seperti fying fox, rafting donut, hiking, mendaki gunung, dan kegiatan lainnya. Kegiatan ini menjadikan kebersamaan anak dengan orangtua bukan hanya sebagai ajang hiburan rekreasi namun juga memberi pengalaman berharga dan mendidik anak sekaligus untuk mendapatkan quality time bersama anak.

Bagi anak yang belum terbiasa dengan aktivitas di alam bebas tidak akan mudah tertarik sehingga memerlukan penyesuaian dengan membiarkan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan alam bebasnya tanpa harus melarang dengan ucapan ”jangan”. Hal ini, menjadi cara jitu untuk memperkenalkan kegiatan di alam bebas karena pada dasarnya seorang anak memiliki rasa ingin tahu lebih besar terhadap hal yang baru mereka temui.

Berikut ini beberapa manfaat yang di dapat anak dari kegiatan di alam terbuka.

  1. Menstimulasi anak menjadi lebih responsif terhadap lingkungan sekitar sehingga  anak memiliki jiwa empati yang tinggi.
  2. Menambah pengetahuan dan pemahaman anak tentang alam.
  3. Meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antara orangtua dengan anak.
  4. Berani mencoba hal baru, secara psikologis akan menambah rasa percaya diri pada anak.

Beberapa kegiatan atau aktivitas yang menyenangkan dapat dilakukan bersama anak.

arung jeram Citra Alam RiversideRafting Donut 

Merupakan aktivitas mengarungi bagian alur sungai yang berjeram dengan menggunakan wahana tertentu. Pengertian wahana dalam hal ini adalah aliran sungai yang alami atau buatan yang berarus deras. Tujuan dari rafting donut dapat dilihat dari sisi olahraga, rekreasi, dan ekspedisi. Setiap orang diharapkan untuk memakai perlengkapan secara lengkap seperti ban karet, baju pelampung, alas kaki, dan helm.

Olah raga rafting donut mempunyai manfaat sangat baik bagi fisik dan mental anak. Bermanfaat bagi fisik anak seperti melatih kekuatan otot tubuh, memperkuat otot jantung, dan membersihkan paru-paru. Sedangkan manfaat bagi mental anak adalah untuk melatih keberanian, percaya diri ,dan untuk meningkatkan solidaritas. Dalam olah raga ini tentunya harus mendapat pengawasan dari orang dewasa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

hikingHiking

Merupakan salah satu kegiatan outdoor dimana pelakunya melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif atau olahraga. Biasanya lokasi yang dituju adalah destinasi yang memiliki panorama indah dengan jalur yang sudah ditentukan. Seperti, puncak gunung, bukit, pedesaan, sungai, rawa, dan tempat-tempat lainnya. Kegiatan ini membutuhkan fisik yang stamina dan pengetahuan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Hiking sangat memungkinkan bagi peserta anak-anak dan memiliki manfaat yang banyak selain manfaat-manfaat di atas, hiking juga memberi manfaat untuk melatih seseorang lebih percaya diri, bekerja keras, lebih memahami dan mencintai lingkungan sekitar, memberikan wawasan serta pengetahuan tentang manfaat serta fungsi lingkungan. Namun, perlu diingat juga bahwa kegiatan hiking ini tidak mudah dilakukan anak baik secara fisik maupun mental, sehingga perlunya pengawasan yang ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.

Family Gathering

Menjadi satu alternatif untuk mengisi liburan agar mendapat quality time bersama keluarga di alam terbuka. Bayangkan saja ketika kita kehilangan banyak waktu bersama keluarga karena disibukkan dengan rutinitas kerja. Dengan kegiatan family gathering, kita bisa merasakan sensasi tidur bersama anak-anak, merasakan bersama dinginnya angin malam, bercanda ria bersama. Sehingga bisa melewati quality time yang menyenangkan dan pastinya menjadi momen yang berkesan.

Aktivitas alam terbuka bukan hanya menyenangkan dan menyehatkan akan tetapi sebagai ajang bagi orangtua dalam membentuk generasi yang  pemberani, mandiri, tidak mudah menyerah, dan tidak mudah putus asa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *