Jika biasanya mereka sibuk menangani tamu
Kini mereka menjadi pengunjung
Jika biasanya mereka harus menjaga wibawa dalam menjalankan fungsi sesuai dengan posisi/kedudukan penting masing-masing
Kini mereka bisa tertawa lepas dan bergerak bebas mengekspresikan kegembiraan
Begitulah yang terlihat dari kegiatan outbound para manager hotel yang tergabung dalam Hotel Credit Manager Assosiation (HCMA) yang berlangsung di Citra Alam Seaside, Anyer. Sebanyak 81 peserta yang dikoordinatori oleh Triyono mengikuti serangkaian permainan dalam kegiatan outbound tersebut. Setibanya di lokasi kegiatan, sambil beristirahat para peserta menikmati hidangan welcome drink berupa minuman hangat dan bakso.
Triyono, sebagai Ketua Panitia mengatakan kegiatan outbound tersebut merupakan yang pertama kali bagi HCMA. Meski harus menempuh perjalanan jauh menuju lokasi, namun ketika tiba seluruh peserta dapat merasakan kesegaran hawa pantai di Citra Alam Seaside. “Terima kasih atas sambutannya yang luar biasa,” kata Triyono.
Selesai beristirahat dari perjalanan dan menikmati hidangan, permainan pun dimulai. Diawali pemanasan berupa ice breaking sekaligus perkenalan dengan tim instruktur outbound yang memandu jalannya kegiatan. Permainan ice breaking berlangsung di dalam aula utama yang berbentuk semi outdoor, sehingga peserta tetap dapat merasakan kesegaran hawa pantai.
Setelah para peserta mulai merasakan keseruan permainan yang penuh dengan semangat kebersamaan, masuk pada permainan selanjutnya yaitu Greget Chellenge yang mengajak setiap pesertanya untuk berpikir cepat dan kreatif, serta permainan Selagu untuk menguji rasa percaya diri melalui gerakan mirip senam yang diiringi lagu. Kedua permainan itu berlangsung seru dan penuh gelak tawa para peserta.
Selanjutnya sebelum mengikuti rangkaian games team building, dilakukan pembagian kelompok terlebih dahulu. Setiap kelompok yang sudah ditentukan juga harus menampilkan yel-yel sebagai penyemangat anggotanya. Games yang dimainkan adalah Bulldozer, Mencari Bola Mas dan Tampah Kebersamaan. Ketiga games tersebut mengajarkan peserta untuk bekerja sama serta kompak dalam mengatasi berbagai tantangan.
Seluruh peserta terkesan dengan kegiatan yang berlangsung selama 1 hari itu. Micky, salah seorang peserta mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. “Acaranya oke banget, gamesnya seru-seru. Benar-benar membangun kerjasama kita, apalagi di hotel kita butuh tim yang solid,” kata Micky.
Dengan harapan setelah pulang dari kegiatan outbound, setiap peserta dapat merasakan manfaatnya, acara berlangsung dengan penuh keakraban dengan dipandu oleh MC dan instruktur yang profesional dibidangnya. Kebersamaan dan kerjasama yang sudah terjalin dalam kegiatan tersebut, bisa menjadi modal untuk perbaikan kualitas kerja mereka ketika kembali menjalankan peran masing-masing sebagai manajer hotel.
Comments