top of page

Manfaat Dan Persiapan Camping Pramuka

Diperbarui: 27 Mar

Berkemah merupakan kegiatan terbesar organisasi Pramuka yang dilakukan secara outdoor. Biasanya perkemahan diadakan sebagai penilaian sekaligus penutup dari rangkaian kegiatan selama satu tahun. Adapun materi aktivitas dalam kegiatan perkemahan pramuka disesuaikan dengan tingkat kompetensi yang perlu dikuasai pada jenjang tertentu. Secara umum, berkemah bagi pramuka bermanfaat untuk melatih kemandirian. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, dapat terlihat karakter atau kepribadian setiap anggota melalui setiap aktivitas dan perilaku dalam setiap situasi yang sedang dialami.

Sebagai kegiatan terbesar sebuah organisasi, maka diperlukan persiapan untuk penyelenggaraannya. Persiapan camping pramuka juga harus dilakukan agar seluruh tahapan kegiatan dapat berjalan dengan baik.

citra alam riverside

Sebelum membahas mengenai persiapan camping pramuka, perlu terlebih dahulu mengetahui manfaat dari perkemahan organisasi yang memiliki berbagai tingkatan ini .

Jika dijabarkan, manfaat berkemah bagi Pramuka terdiri dari :

  1. Memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya.

  2. Melatih kemandirian, tanggung jawab, kerjasama, empati, dan disiplin.

  3. Memupuk keberanian memimpin dan dipimpin.

  4. Membiasakan diri mendahulukan kepentingan bersama daripada individu.

  5. Berlatih mengendalikan emosi.

  6. Belajar menahan diri dari sifat buruk seperti sombong, congkak, iri dan pamer.

  7. Melatih hidup sederhana.

  8. Belajar berkomunikasi dengan masyarakat.

  9. Untuk penyegaran (refreshing) dan bersenang-senang.



Persiapan Berkemah

Sebelum melakukan perkemahan, diperlukan persiapan yang matang untuk menyusun aktivitas yang akan dilakukan para anggotanya. Sebaiknya, aktivitas yang dilakukan lebih pada penilaian atau evaluasi terhadap seluruh kegiatan kepramukaan yang sudah dilakukan, dan bukan sebagai ajang perploncoan.




Jenis aktivitas yang dipersiapkan disarankan agar mampu mengeksplorasi kompetensi regu. Salah satu contohnya adalah pentas seni untuk acara api unggun yang biasanya jadi puncak dari kegiatan perkemahan.

Persiapan camping pramuka tidak hanya dilakukan oleh panitia atau para senior, tetapi juga setiap peserta. Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah seragam yang lengkap dengan atributnya, berbagai perlengkapan untuk menunjang setiap kegiatannya, makanan dan minuman, obat-obatan serta peralatan untuk keperluan pribadi. Kondisi fisik dan mental yang prima juga tak kalah pentingnya, karena perkemahan pramuka selalu diisi oleh banyak kegiatan. Mau merencanakan Kegiatan Pramuka, Camping, atau LDKS kamu bersama Citra Alam ? Klik link ini untuk informasi lebih lanjut



5.511 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page