Acara perpisahan sekolah selalu masuk dalam agenda rutin kegiatan sekolah di akhir tahun ajaran. Hingga kini acara tersebut masih dianggap penting untuk diselenggarakan dengan berbagai cara dengan tujuan agar memberikan kesan mendalam bagi para siswa sebelum meninggalkan sekolah dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Acara perpisahan sekolah yang biasa digelar seperti graduation, wisuda, pelepasan siswa, dll selalu diikuti secara lengkap oleh siswa, guru dan orang tua. Semua pihak yang memiliki peran masing-masing, dapat memaknai digelarnya acara yang sudah menjadi tradisi tahunan di setiap sekolah tersebut. 

ilustrasi perpisahan sekolah

Perpisahan sekolah diselenggarakan oleh berbagai tingkat atau jenjang pendidikan mulai dari TK hingga SLTA. Berikut ini sejumlah pilihan acara perpisahan sekolah beserta kegiatan positif yang dapat mengisinya, berdasarkan jenjang pendidikan : 

Perpisahan TK 

Meski para siswanya masih berada di usia dini sekolah, acara perpisahan TK sudah menjadi agenda rutin tahunan di masa sekarang ini. Jenis acara bisa bermacam-macam seperti wisuda dimana para siswa akan mengenakan atribut berupa toga kecil, atau pelepasan siswa. Kegiatan yang banyak mengisi acara perpisahan di tingkat TK seperti rekreasi, outing, atau pentas seni dengan konsep bermain sambil belajar yang menyenangkan. 

panggung perpisahan TK

Perpisahan SD 

Dalam jenjang dimulainya pendidikan   dasar ini, para siswa akan mulai memahami bagaimana memiliki kesan tersendiri selama menjalani 6 tahun berada di sekolah dan memiliki teman-teman yang sama. Seringkali acara perpisahan sekolah diisi dengan pentas yang melibatkan siswa dengan cerita tentang perjalanan mereka selama bersekolah. Nilai-nilai edukasi pun mulai bisa ditanamkan seperti menjadi anak yang mandiri, punya sopan santun terhadap guru dan orang tua, serta memiliki cita-cita yang bisa mereka kejar. Berbagai nilai tersebut dapat didapatkan siswa dari kegiatan seperti outbound, camping, dan pentas budaya. 

acara perpisahan SD

Perpisahan SMP 

Banyak orang menganggap masa SMP adalah masa peralihan dari anak-anak ke remaja yang selanjutnya mempersiapkan untuk menjadi dewasa. Pada masa ini, siswa sudah bisa merasakan bonding dengan teman-temannya meski hanya 3 tahun bersama. Oleh karena itu, siswa sudah mulai dilibatkan oleh pihak sekolah dalam menentukan acara perpisahan sekolah yang akan digelar. Biasanya kegiatan seperti outing school, outbound, camping atau mengunjungi lokasi wisata di luar kota sering menjadi pilihan. Tapi ada juga pihak sekolah yang menggelar acara secara indoor seperti graduation atau inaugurasi dengan serangkaian acara formalnya. 

graduation SMP

Perpisahan SMA 

Oleh karena usia siswa di jenjang pendidikan SLTA sudah memasuki masa beranjak dewasa, acara perpisahan sekolah pun lebih disesuaikan. Keterlibatan siswa dalam acara akan semakin banyak sementara guru hanya memberikan pengarahan saja. Kegiatan yang banyak dipilih untuk mengisi perpisahan SMA seperti wisata dan  graduation ceremony atau inaugurasi. Beragam acara bisa mengisi kegiatan tersebut, misalnya tukar kado, camping di alam bebas, penghargaan guru dan karyawan yang ter….Berbagai kreativitas siswa dapat tersalurkan dalam acara perpisahan ini. 

belajar mandiri dengan camping

Dalam menyelenggarakan acara perpisahan sekolah sebaiknya tidak hanya diisi dengan hura-hura akan tetapi juga tetap memberi nilai-nilai edukasi pada setiap kegiatannya. Sehingga para siswa dapat memperoleh bekal untuk perbaikan karakter pribadi mereka saat memasuki jenjang yang lebih tinggi selanjutnya. Sebab generasi muda yang dibutuhkan untuk menjadi penerus cita-cita bangsa adalah generasi  unggul yang memiliki karakter baik, agar kelak menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *