Team Building merupakan kegiatan bersama dari berbagai jenis aktifitas yang bertujuan untuk memperkuat hubungan tim, yang sering kali melibatkan berbagai urusan atau tugas-tugas kolaboratif. Bisa dibilang Team Building adalah salah satu pondasi utama yang diperlukan untuk memperbaiki atau membangun kinerja kelompok dalam menyelesaikan pekerjaan dan mencapai sebuah target maupun tujuan perusahaan atau organisasi.

Agar goal pekerjaan dapat tercapai perlu sensitivitas dan fleksibilitas dalam bekerja sama. Karena adanya perbedaan karakter setiap anggotanya, bukan hal yang mudah untuk membangun soliditas tim.

Kami di Citra Alam punya banyak permainan yang sering kali dimainkan untuk tujuan team building — dari pengalaman sembilan tahun menggelar event team bulding.

Berikut ini 7 permainan yang biasanya kami mainkan untuk memfasilitasi tim anda dalam membangun kerjasama dan soliditas tim:

1. Ice Breaking

Kegiatan Outbound Superindo

Seperti namanya, yang berarti pemecah kebekuan, permainan ini berguna untuk menghilangkan ketegangan peserta. Tujuannya adalah menstimulus antusiasme (pemanasan) bagi peserta, agar siap mengikuti seluruh kegiatan berikutnya. Permainan yang sangat dikenal di dunia pelatihan (training), outbound, workshop dan sejenisnya ini, terdiri atas pencanangan komitmen kegiatan (goal setting), pembagian kelompok, juga soliditas kelompok. Ice breaking biasanya diisi dengan beberapa permainan yang mengundang tawa, namun tetap mengajak pesertanya untuk berkonsentrasi mengikuti arahan dari instruktur.

2. Dragon Ball

permainan yang paling seru saat di pantai

Merupakan salah satu contoh permainan outbound low impact games dan termasuk dalam jenis permainan team building. Dalam permainan ini, peserta yang sudah terbagi dalam kelompok, memasukkan air ke dalam pipa berlubang yang berisi bola. Karena terdapat banyak lubang pada pipa, air pasti akan keluar melalui lubang tersebut. Tugas peserta lain adalah harus menutup lubang-lubang itu dengan tangan, supaya air dapat cepat penuh dan bola bisa keluar. Permainan ini berguna untuk menjalin kekompakkan untuk membangun kerja sama tim dalam menyelesaikan tantangan, belajar bertanggung jawab pada tugas masing-masing, serta rela berkorban untuk tercapainya tujuan bersama.

3. Bulldozer

Permainan team building

Peralatan yang digunakan dalam permainan ini adalah karpet atau terpal plastik berukuran 12×1/2m (ukuran disesuaikan). Kedua ujung dilekatkan hingga membentuk lingkaran.

Selama permainan, setiap peserta dalam team mengambil tempat masing-masing di dalam karpet dan menengadahkan tangannya keatas untuk memegang bagian atas karpet. Pemimpin tim yang terdepan memberi komando untuk melakukan gerakan maju secara bersamaan. Setiap peserta bertanggung jawab untuk menjaga posisi tetap diatas karpet, untuk melakukan pergerakan yang cepat tanpa kesalahan. Jika ada seorang pemain yang kakinya keluar dari karpet, maka permainan dianggap gagal. Manfaat dari permainan Outbound Buldozer adalah untuk melatih kekompakkan team, belajar memimpin, berinteraksi, serta menyamakan pandangan.

4. Spider Web

spider web

Permainan bertipe strategic game ini bermanfaat untuk menambah inovasi dan kreativitas tim dalam mencapai target, serta mengajarkan disiplin pada setiap para peserta — karena adanya sejumlah aturan di dalamnya. Dalam Spider Web, setiap peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi lain dengan cara melewati celah di jaring laba-laba raksasa. Perpindahan dilakukan dengan dibantu rekan yang lain. Selama permainan berlangsung, para peserta tidak boleh melalui lubang jaring yang sudah dilalui, badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat, serta tidak diperbolehkan melakukan lompatan.

5. Cahaya Kehidupan

Games time building Cahaya kehidupan

Peserta yang mengikuti permainan ini harus bekerja sama dengan baik. Mereka dapat berlatih untuk tidak pantang menyerah meski harus mengalami kegagalan berulang. Peralatan yang digunakan dalam permainan cahaya kehidupan adalah lilin, obor, dan sejumlah kantong plastik berisi air. Instruktur mengarahkan seluruh peserta untuk menyalakan satu lilin dari sebuah obor di garis start. Peserta harus menjaga lilin agar tidak padam sambil berjalan menuju obor di garis finish. Perjalanan dari garis start menuju finish, tentu saja bukannya tanpa hambatan. Peserta harus menghalau lemparan plastik berisi air dari para instruktur yang dapat mematikan lilin. Peserta ditantang untuk tidak pantang menyerah meski lilin berkali-kali mati, sehingga mereka melakukan berbagai cara melindungi lilin agar tidak padam dihembus angin atau tersiram air. Saat berhasil mencapai garis finish dengan lilin yang tetap menyala, peserta bersorak merayakan keberhasilan mereka.

6. Menara Air

Dalam permainan menara air, setiap kelompok diminta untuk tidur diatas pasir dengan menyatukan kedua kaki yang diangkat lurus ke atas, membentuk satu titik. Di atas kaki mereka diletakkan sebuah ember besar. Setelah ember diisi air dan sejumlah bola, para peserta harus mengambil kembali bolanya satu per satu dengan tangan. Saat bola sudah habis, ember harus dibawa kembali ke bawah, tanpa tumpah. Permainan ini melatih konsentrasi, kekompakkan dan kerja sama tim untuk mempertahankan kekuatan kaki, agar ember yang berisikan air tetap dalam posisinya.

7. Mencari Bola Mas 

permainan yang membangun soliditas team

Permainan yang berguna memupuk rasa saling percaya terhadap teman serta meningkatkan soliditas tim ini, menggunakan banyak bola berwarna-warni. Bola tersebut diletakkan dalam arena berbentuk persegi empat yang dibatasi oleh tali.

Beberapa peserta dalam setiap kelompok ditutup matanya, untuk mengambil bola dengan warna tertentu di dalam arena, sesuai instruksi. Sementara teman-teman lainnya menggerakkan letak bola yang akan diambil. Permainan ini rawan kecurangan, karena saat mengambil bola dalam arena, peserta yang ditutup matanya bisa mengintip dari balik penutup matanya. Oleh karena itu, perlu ketegasan instruktur, agar seluruh peserta dapat bermain sportif.

Selain 7 jenis permainan fun games ini masih banyak yang dimiliki Citra Alam untuk memenuhi permintaan tim anda agar menjadi semakin solid, sehingga tercapai tujuan dan target perusahaan.

Aktifitas tim building dan macam permainan harusnya tidak hanya sekedar edukatif, tapi juga menyenangkan dan dapat membantu tim untuk saling belajar bagaimana setiap personal berpikir, bekerja, memecahkan masalah, dan bersenang-senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *