kegiatan camping

Kegiatan camping yang asyik dan seru bersama rekan kerja menjadi salah satu agenda untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas dengan cara menikmati malam di wisata alam. Menikmati indahnya malam dengan kegiatan camping, anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bernyanyi bersama, bermain di malam hari serta menjalin kebersamaan dan keakraban.

Alam merupakan tempat terindah, ternyaman, dan paling romantis. Berdamai dengan alam membuat kita merasa lebih rileks. Keindahan alam yang tidak pernah ada habisnya membuat kita tidak berhenti bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa yang melimpah ruah. Memang tidak bisa di pungkiri bahwa Negara Indonesia memiliki banyak sekali pemandangan alam yang indah, sayang sekali jika kita tidak ikut menikmati sejuknya suasana alam. Sebelum melakukan kegiatan camping usahakan dari jauh-jauh hari anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk peralatan dan perlengkapan yang akan dibawa.

citra alam riverside

Lalu perlengkapan apa saja yang harus di bawa saat camping? Berikut adalah beberapa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan saat camping.

  • Tenda

Tenda merupakan barang wajib yang perlu anda bawa saat camping. Mengapa? Karena acara camping memang mempunyai konsep tidur di alam menggunakan tenda. Nah, kalau misal anda lupa membawa tenda bagaimana? Masa mau menginap di hotel? Kan sama saja dengan tidur di rumah. Hehehe

Usahakan juga anda membawa tenda yang praktis seperti tenda dome yang cara mendirikannya juga sangat mudah dan cepat apalagi bagi anda yang pemula. Namun, jangan lupa juga bahwa saat ini banyak sekali wisata alam yang sudah menyediakan fasilitas tenda dome bahkan sudah terpasang dengan rapi jadi anda tidak dibuat kerepotan.

  • Pakaian

Sebelum anda berangkat camping pastikan semua perlengkapan dan peralatan anda sudah lengkap. Pakaian pastinya sudah menjadi barang pokok yang anda bawa dan usahakan membawa beberapa potong pakaian supaya anda tidak kehabisan bisa saja ada insiden tertentu yang membuat anda harus ganti pakaian. Jangan lupa juga untuk membawa jaket karena pada malam hari apalagi di alam cuaca sangat dingin.

  • Senter atau petromaks

Camping di alam bebas pastinya tidak akan ada alat penerangan sehingga anda harus membawa sendiri alat penerangan seperti senter atau petromaks.

  • Korek api

Barang ini menjadi barang penting yang harus anda bawa karena korek api akan anda gunakan untuk menyalakan api baik untuk memasak atau untuk menghangatkan badan dengan menyalakan api unggun.

  • Snack

Nah, kalau yang satu ini pastinya nggak bakal ketinggalan. Makanan ringan sudah menjadi bagian anda saat ingin mengadakan perjalanan jauh apalagi dalam acara camping. Saat  saat anda duduk santai sambil ngobrol bareng teman.

  • P3k

Saat anda melakukan acara camping atau yang lain jangan lupa untuk membawa obat-obatan untuk antisipasi jika ada insiden tertentu. Bawalah p3k seperti plester ukuran kecil dan besar, kain kassa, elastic band, cairan alkohol, cairan antiseptik seperti povidon iodine, gunting kecil, pinset, peniti, tisu basah, pembersih tangan tanpa air (hand sanitizer), cairan infuse steril, krim antibiotik, dan gel anti alergi.

  • Camera Atau Ponsel

Sekarang zamannya kan sudah canggih pastinya anda ingin mengabadikan setiap moment indah bersama rekan-rekan anda. Dengan mengambil foto atau Video bisa menjadi kenang-kenangan saat sudah kembali ke rumah.

  • Kantong sampah

Jangan mengaku pecinta alam jika anda tidak bisa menjaga kebersihan alam. Kantong sampah merupakan barang yang perlu anda bawa sebagai tempat sampah selama anda berkegiatan camping. Biasakan membuang sampah di tempatnya sekalipun berada di alam terbuka demi menjaga keindahan alam.

Apakah peralatan memasak juga perlu dibawa saat camping?

Peralatan memasak bukanlah barang wajib yang anda bawa namun jika anda ingin memasak sendiri juga tidak masalah meskipun sedikit merepotkan. Apalagi saat di alam pastinya jauh dari warung makan jadi untuk memenuhi kebutuhan anda baiknya membawa sendiri dari rumah. Anda bisa membawa kompor portable, panci, teflon, spatula, pisau, talenan, serta bahan makanan mentah yang bisa tahan lama. Kecuali jika memang tempat wisata yang anda gunakan untuk camping sudah menyediakan makanan atau makanan sudah termasuk fasilitas yang ada di paket anda boleh tidak membawa peralatan memasak.

Bagaimana apakah anda sudah siap untuk camping?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *