Di zaman milenial seperti sekarang ini kenakalan remaja semakin marak. Berbagai macam kasus seperti tawuran, narkoba dan masih banyak lagi kenakalan lainnya yang menunjukan semakin rendahnya moral di kalangan remaja. Padahal setiap anak pasti menginginkan masa depan yang gemilang, sehingga penting bagi mereka untuk mendapatkan pendidikan karakter sejak dini. Pendidikan karakter sebagai solusi permasalahan moral dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia.

Apa itu pendidikan karakter? Saat ini pendidikan karakter merupakan aspek paling penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Memahami pentingnya pendidikan karakter bagi anak bangsa, pemerintah mewajibkan adanya pendidikan karakter dalam setiap kurikulum pembelajaran. Mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Tentu, setiap jenjang memiliki pendidikan karakter yang berbeda dan telah disesuaikan. Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai sebuah usaha dalam upaya pemberdayaan potensi peserta didik agar terciptanya karakter pribadi atau kelompok yang berguna bagi negara dan generasi berikutnya.

Tujuan dari pendidikan karakter bagi masa depan anak

Penanaman pendidikan karakter yang mulai dari sejak dini dan diterapkan di bangku sekolah diharapkan dapat membentuk generasi muda bangsa yang lebih baik lagi. Dengan memiliki dasar karakter yang kuat, diharapkan akan tercipta bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan saling bergotong royong.

Pendidikan karakter adalah kunci masa depan

Kesuksesan hanya milik orang-orang yang mau bekerja keras dan pantang menyerah. Orang-orang yang sukses memiliki karakter seperti optimis, kreatif, ambisius dan berani ambil resiko. Berbagai ragam keadaan tersebut tentunya hanya dilalui orang-orang sukses tersebut hingga memiliki karakter tersebut.

Pendidikan karakter kini menjadi sangat penting bagi sistem pendidikan di negara tercinta kita ini. Pendidikan karakter akan dijadikan sebagai landasan dalam upaya pembentukan kualitas karakter bangsa Indonesia. Kemampuan kognitif tanpa pendidikan karakter yang kuat akan menghasilkan pribadi yang mudah dihasut, sehingga akan menghambat kemajuan bangsa Indonesia. Memiliki karakter yang baik akan menghasilkan pribadi yang tidak mengabaikan nilai sosial, seperti toleransi, tanggung jawab, dan yang lainnya sehingga terciptalah pribadi yang berkarakter unggul. Pendidikan seyogyanya tidak hanya membentuk insan yang cerdas, namun juga berkarakter dan berkepribadian yang unggul dengan harapan agar generasi bangsa kelak dapat tumbuh dan berkembang sesuai nilai-nilai luhur bangsa dan agama.

Generasi milenial perlu menyadari betapa pentingnya pendidikan karakter sebagai sarana pembentuk perilaku dan kepribadian dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini tidak hanya lingkungan sekolah yang menjadi pusat pembelajaran dari pendidikan karakter namun keluarga, lingkungan sekitar, masyarakat dan pemerintah juga harus mengambil peran aktif dalam mendukung upaya tersebut. 

*berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *