Seperti yang sering kita lihat bahwa anak-anak sekarang banyak yang kehilangan jati diri mereka, khususnya anak remaja yang memiliki sikap arogan bahkan tak jarang tersangkut kasus kriminalitas. Peristiwa seperti ini menjadi tanggung jawab besar bagi orang tua dalam mendidik anak. Karena orang tua adalah guru pertama bagi anak-anak sebelum menempuh bangku pendidikan. Pengawasan ketat memang harus dilakukan demi menjaga anak kita dari hal-hal yang tidak baik. Apalagi sampai terjerumus dalam lembah hitam. Nah, menumbuhkan karakter anak sejak usia dini memang sangat penting demi masa depan gemilang anak.

1Melatih anak mengontrol emosinya

Anak-anak sering menghadapi persoalan mengontrol emosi terlebih pada remaja seperti sekarang ini. Meredam emosi memang bukan hal yang mudah bahkan orang dewasa sekalipun. Namun, kita sebagai orang tua sangat perlu dalam membantu anak untuk mengontrol emosinya. Karena orang tua merupakan media pembelajaran utama bagi anak, oleh sebab itu anak harus mampu belajar mengelola emosi dan orang tua sebaiknya juga bisa mengelola emosinya sendiri. Contohnya adalah dengan menunjukan sikap dewasa dalam menghadapi masalah tanpa harus marah dan meledak-ledak. Serta beri tahu bagaimana mengelola emosi dengan cara mengungkapkan kemarahan dalam bahasa yang jelas dan tegas tanpa rengekan dan ledakan.

pendidikan karakter pada anak

2Melatih anak membuat keputusan sendiri

Melatih anak-anak untuk membuat keputusan sendiri dengan hal-hal sederhana seperti saat membawa anak ke Mall dan mempersilahkan anak memilih sendiri apa yang anak inginkan. Karena sebagian orang tua langsung membeli mainan atau baju sesuai dengan seleranya padahal anak belum tentu menyukai barang-barang tersebut. Maka sebaiknya jika ingin memberikan sesuatu kepada anak tanyakan terlebih dahulu kepada anak anda. Apakah dia menyukai hal tersebut atau tidak dengan begitu ada dua hal positif yang bisa tumbuh dalam diri anak yakni dengan mengambil keputusan sendiri anak akan belajar menjadi pribadi yang percaya diri dan menjadi pribadi bertanggung jawab.

3Melatih empati pada anak

Kapan waktu yang tepat mengajarkan rasa empati pada anak? Melatih rasa empati kepada anak sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Sebelum menginjak usia 5 tahun tidak ada salahnya apabila seorang anak mulai diajarkan perilaku baik kepada orang lain sehingga anak terbiasa melakukan hal-hal baik sejak dini. Ajarkan anak untuk peka terhadap kondisi di sekitarnya terlebih saat orang lain berbuat baik kepadanya.

agro apotek citra alam riverside

4. Melatih moral pada diri anak

Orang tua sangat perlu memahami cara menanamkan nilai moral pada anak yang paling efektif. Supaya karakter anak mudah dibentuk dan anak memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan karakter. Terutama di zaman now seperti sekarang ini dimana pengaruh teman atau media sosial sangat berpengaruh besar terhadap karakter anak. Sehingga anak lupa dengan jati diri mereka dan moral menjadi tidak baik. Maka dari itu, mulai sejak dini anak-anak perlu dilatih untuk mengenai sikap kejujuran, disiplin, menghormati sesama, simpati, dan lainnya sehingga karakter anak sudah terbentuk dengan baik.

5Melatih anak memahami dirinya sendiri

Di usianya yang masih muda atau balita anak-anak belum bisa sepenuhnya mengenali dirinya sendiri. Disinilah bantuan anda diperlukan untuk membantunya belajar mengenali dirinya sendiri mulai dari mengenalkan identitas dirinya karena biasanya anak yang masih kecil hanya tahu nama depannya saja bukan nama lengkapnya. Nah, disini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu anak dalam mengucapkan nama aslinya. Dengan demikian anak akan paham bahwa dirinya punya sebuah panggilan yang membedakannya dengan orang lain. Ketika anak bertemu dengan temannya, ia juga akan paham, bahwa teman-temannya punya nama masing-masing. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *