Pada tanggal 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan budaya kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi oleh UNESCO. Pengakuan internasional ini merupakan salah satu bentuk penghargaan tertinggi terhadap budaya Indonesia.

Batik bukan hanya sebagai identitas bangsa dan dengan bertepatan hari batik maka inilah saat yang tepat bagi kita untuk mengenalkan salah satu budaya luhur bangsa Indonesia ini kepada anak-anak. Supaya mereka tahu bahwa negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan sedangkan kebudayaan ini perlu dilestarikan agar tidak luntur.  Lantas, bagaimana caranya mengenalkan batik pada anak sebagai wujud cinta budaya Indonesia.

1Memperkenalkan teknik pembuatan batik

Cobalah ajak anak-anak kita ke tempat wisata pelatihan yang menggelar pelatihan membatik dan berilah kesempatan pada anak-anak untuk terjun langsung sehingga anak bisa membuat batik sendiri. Dengan ikut pelatihan membatik anak akan tahu teknik-teknik  apa saja yang digunakan saat membatik.

2. Memperkenalkan ragam motif batik

Saat membatik anak akan mengenal berbagai macam motif batik yang ada di Nusantara sehingga anak-anak kita akan tahu bahwa bangsa Indonesia kaya akan warisan budaya. Dengan begitu anak-anak akan mengetahui betapa kaya kebudayaan yang kita miliki dari Sabang sampai Merauke memiliki kekhasan motif, corak, dan warna masing-masing daerah.

3Membiasakan memakai pakaian batik

Sebagai orang tua mari ajak anak kita untuk membiasakan memakai pakaian batik di berbagai kesempatan baik dalam acara resmi maupun tidak. Dengan begitu anak akan terbiasa memakai dan mengenal batik.

pelatihan membatik di citra alam

4. Mengunjungi museum batik

Musim liburan atau weekend baiknya kita ajak anak-anak kita untuk mengunjungi beberapa wisata sekaligus mencari wawasan tentang alam sekitar. Misalnya ke museum batik, disini anak akan memperoleh edukasi yang lebih lengkap karena museum menyimpan banyak koleksi batik dari seluruh daerah di Indonesia. Di samping itu, anak akan memperoleh pengetahuan tentang sejarah perkembangan batik dari dulu sampai sekarang. Di museum batik juga terdapat workshop sehingga anak dapat berlatih membuat batik dengan kreasinya sendiri. Pastinya anak akan mendapat pengalaman menarik seputar kesenian batik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *