Tepatnya 08 Desember 2017, saya dengan rekan saya Bapak Sofyan hadi berkunjung ke Citra Alam Lakeside. Di pagi yang cerah dan udara terasa begitu sejuk saya tiba di lokasi Citra Alam Lakeside. Saya mulai memperhatikan satu demi satu aula yang berjejer dan tertata dengan rapi.  Kemudian mata saya tertuju pada puluhan siswa yang duduk berkumpul disalah satu aula, membuat saya menjadi penasaran dan hati terpanggil untuk melihatnya. Saya menuju aula tersebut untuk melihatnya, ternyata memang ada kegiatan yang berlangsung dari salah satu paket yang ada di Citra Alam Lakeside yaitu Cooking time dan melukis gerabah. Di kegiatan ini siswa melakukan kegiatan awal yaitu ice breaking untuk memberi penyegaran guna memecah kebekuan-kebekuan di antara peserta, sehingga siswa bisa saling mengenal, mengerti dan bisa saling berinteraksi dengan baik antara siswa dengan instruktur. Al-hasil semangat, ceria, dan antusias nampak dari wajah siswa-siswi SD Stella Maris School dalam mengikuti kegiatan.

kegiatan cooking class Citra Alam lakesideDisela-sela acara saya memanfaatkan waktu untuk berbincang-bincang dengan koordinator acara yaitu Bapak Candra Yohanes dengan sosok yang begitu ramah dan bersahabat. Pertanyaan pertama yang saya tanyakan kepada Bapak Candra yohaness.

Saya : Selamat siang bapak, boleh saya bertanya, sudah berapa kali sekolah bapak mengadakan kegiatan di Citra  Alam lakeside ini?

Bapak Candra : Selamat siang mba, oh tentu saja boleh. Ini merupakan kunjungan kami yang ke-4 kali mulai dari tahun 2012 sampai sekarang namun dengan koordinator yang berbeda. “Tuturnya”

Saya : Baik pak, untuk pertanyaan kedua. Apa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini bagi siswa?

Bapak Candra : Kegiatan ini bertujuan untuk melepas kejenuhan, rasa bosan karena selama ini proses pembelajaran hanya berada dalam ruangan. Dengan adanya kegiatan edukasi diharapkan siswa bisa menuangkan ide dan kreativitas sekaligus memberikan penyegaran pada siswa sehingga lebih semangat saat kembali belajar di sekolah.” Tuturnya”.

Bapak Candra Yohanes pun menambahkan “bahwa saat ini anak-anak lebih berpusat pada gadget daripada ngobrol bareng teman, main dengan teman. Kesempatan kali ini juga bertujuan agar setiap siswa bisa saling mengenal satu sama lain sehingga mampu mempererat hubungan persahabatan antar siswa SD Stella Maris School.

Keseruan siswa SD Stella Maris School saat kegiatan melukis gerabah

melukis gerabah Citra Alam LakesideKegiatan di pagi ini terbagi menjadi dua season, untuk season pertama kegiatan melukis gerabah kemudian untuk season kedua adalah cooking time. Tepat pukul 10.00 pagi kegiatan melukis gerabah pun dimulai, semua siswa pun menuju aula ke-dua dengan didampingi oleh instruktur Citra Alam yang sudah profesional. Saya melihat mereka begitu antusias dan terlihat sangat ceria. Saya pun mulai berinteraksi dengan salah satu dari mereka, saya berdialog dengan Angel salah satu siswi kelas II.Saya menanyakan bagaimana kesan-kesannya ketika mengikuti kegiatan melukis gerabah?. Seneng, karena bisa mewarnai sendiri “Tuturnya”.

hasil karya melukis gerabah Citra Alam SeasideKalau saya perhatikan melukis gerabah memang seru, asyik dan menarik apalagi untuk usia mereka. Bermain dengan warna dan menorehkan warna-warni pada vas bunga sesuai dengan kreativitas masing-masing dan tentunya dengan bahan-bahan yang aman. Sekitar satu jam kegiatan melukis gerabah pun selesai semua hasil kreasi dikumpulkan ditempat yang sudah disediakan untuk didiamkan supaya cat warna kering. Setelah itu semua siswa menuju ke aula utama untuk mengikuti kegiatan selanjutnya  yaitu cooking time membuat Burger. Wah asyik…dalam hati saya sendiri bisa mempraktekkan dirumah. Alhamdulillah dapat ilmu baru hehehe seperti peribahasa “sambil menyelam minum air”.

Keceriaan siswa SD Stella Maris School saat kegiatan cooking time

cooking class SD Maris School Citra Alam LakesideSeason kedua pun dimulai semua siswa duduk berjejer di tempat yang sudah disediakan beserta bahan-bahan untuk membuat Burger. Instruktur memberi arahan bagaimana proses membuat Burger sedangkan semua siswa langsung mempraktikkan. Saya melihat kalau mereka tidak begitu kesulitan meskipun baru pertama kali. Saya sendiri bangga melihat mereka yang masih kecil mau belajar mengikuti proses yang bertahap mulai dari menggoreng roti dan daging sampai mengisi roti dengan sayuran yang sudah disediakan.

kegiatan cooking class SD Maris Shool Citra Alam LakesideSetelah selesai, Burger siap untuk dimakan atau bagi siswa dan siswi yang ingin dibawa pulang juga bisa karena tim instruktur juga sudah menyediakan cup plastik sehingga bisa dibawa pulang. Kegiatan cooking time berlangsung dengan baik dan siswa-siswi terkesan sangat gembira telah mengikuti kegiatan kali ini. Kegiatan cooking time dapat menjadi media pembelajaran yang baik untuk anak. Banyak hal yang dapat dipelajari saat membuatnya, seperti mengajarkan mereka untuk lebih bersabar, berkomunikasi, berkreasi, ilmu pengetahuan, dan bagaimana cara membuat dan mengolah makanan yang sehat.

playground citra alam lakesideKegiatan cooking time sudah selesai dan berjalan dengan baik. Sementara kegiatan break sebentar karena semua instruktur harus sholat jum’at sedangkan semua siswa masuk ke area permainan playground. Mereka terlihat sangat senang karena bisa bermain ayunan, masuk ke terowongan. Canda tawa mereka pun pecah., terlihat bahwa mereka sangat menikmati permainan pada siang itu. Sekitar setengah jam berada di area playground karena sudah masuk jam makan siang. Akhirnya semua siswa diminta untuk kembali ke aula utama untuk makan siang.

makan siang SD Maris Shcool Citra Alam LakesideDengan menu yang sudah disediakan yaitu sayur asem, ayam goreng, tahu goreng, beserta lalapan mentimun tak lupa juga buah semangka. Setelah selesai makan siang mereka berkumpul di aula dengan para instruktur sebagai acara terakhir yaitu kesan dan pesan untuk semua peserta. Tepat jam 13.00 acara pun selesai dan semua peserta pun berpamitan untuk pulang. Semua pihak Customer Service dan instruktur berjejer dan berjabat tangan dengan semua siswa beserta guru pendamping, terlihat wajah ceria dan bahagia terpancar dari mereka. Harapan saya, semoga tahun depan mereka bisa berkunjung lagi di Citra Alam. Tidak berbeda dengan mereka saya juga  bersiap-siap untuk kembali ke kantor untuk melanjutkan pekerjaan saya.

Senyum ceria terlihat dari wajah siswa-siswa SD Stella Maris School saat pulang

acara pulang SD Maris School Citra Alam Lakeside

Kapan giliran sekolah anda akan berkunjung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *