Setiap anak yang lahir seperti kertas putih tanpa dosa dan pastinya mereka memiliki kelebihan atau kekurangan masing-masing meskipun demikian kelebihan seorang anak terkadang tidak diterima oleh kebanyakan orang, misalnya seperti seorang anak dengan kebutuhan khusus. Mereka memang istimewa namun keistimewaan mereka terkadang dianggap sebelah mata oleh sebagian orang bahkan mereka pun enggan berinteraksi secara langsung dengan lingkungan karena merasa malu atau merasa dirinya tidak seperti orang lainnya.

Pelatihan keramik pada anak berkebutuhan khusus

Pelatihan Keramik di Citra Alam untuk anak berkebutuhan khususAnak berkebutuhan khusus seringkali merasa di kucilkan dari pergaulan. Keluarga menjadi orang pertama dalam membangun atau memberikan ruang berekspresi serta menumbuhkan rasa percaya diri untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Mereka itu istimewa, mengapa disebut istimewa? karena dibalik kekurangan anak tersebut memiliki suatu kelebihan. Pada dasarnya mereka sama dengan anak lainnya hanya saja perlu penanganan khusus. Jika mereka semakin terkekang dalam lingkungan keluarga atau terkucilkan dari lingkungan sosial maka dari segi mental pun terus terdesak. Akibatnya, proses adaptasi sosialnya akan semakin melambat.

Anak berkebutuhan khusus juga perlu adanya pendidikan seperti anak lainnya bahkan saat ini pemerintah juga sangat memperhatikan pendidikan mereka. Saat ini mereka mendapat porsi tersendiri dalam kampanye yang terus dilakukan oleh pemerintah. Gerakan nasional ini sebagai ajang untuk memenuhi hak bagi anak berkebutuhan khusus dan mengahapus pemikiran negatif serta penyadaran bagi  masyarakat tentang anak berkebutuhan khusus.

Pelatihan seni dan budaya pada anak berkebutuhan khusus sangat dibutuhkan oleh mereka untuk mendorong potensi serta kreativitas mereka bahkan beberapa pelatihan juga di ajarkan seperti bermain musik, beberapa kerajinan tangan, dan kegiatan lainnya. Dalam dunia pendidikan pun tidak harus di lakukan dilingkungan formal atau selalu di isi dengan teori di dalam ruangan karena mereka juga membutuhkan suasana dan pengalaman baru untuk membangun semangat mereka misalnya berkunjung ke wisata edukasi.

Kecerian anak berkebutuhan khusus saat kegiatan fun games

fun games anak berkebutuhan khususCitra Alam  merupakan wahana edukasi yang sering menyelenggarakan kegiatan bagi anak berkebutuhan khusus dengan pelatihan membuat keramik dari tanah liat, membatik dan beberapa games menarik yang pastinya dipandu oleh tim instruktur Citra Alam yang sudah berpengalaman. Wajah keceriaan tampak jelas dari mereka saat mengikuti kegiatan edukasi. Dengan kegiatan ini mereka mendapat ruang bebas untuk mengekspresikan segala imajinasi yang dimainkan dalam bentuk karya. Suasana alam yang damai juga menambah semangat baru untuk mereka. Ketika mengikuti pelatihan keramik mereka sangat teliti dan begitu antusias dalam menanggapi arahan para instruktur. Hal ini patut mendapat apresiasi.

Pelatihan membatik pada anak berkebutuhan khusus

Pelatihan Membatik untuk anak berkebutuhan khususBegitu juga dalam mengikuti pelatihan membatik meski memiliki keterbatasan tertentu, bakat yang diasah tak akan pernah pudar bahkan mungkin selalu tertanam pada dirinya. Hal ini membuktikan bahwa kreativitas bukan hanya milik orang tertentu namun milik semua karena manusia terlahir dengan bakat dan seni yang berbeda. Dengan mengenalkan batik maka mereka akan belajar merancang dan membuat batik sesuai dengan corak atau motif yang mereka inginkan. Kegiatan ini bukan hanya menyenangkan namun kemampuan membatik bagi anak berkebutuhan khusus diharapkan membantu mereka untuk berekspresi dan berkreasi sekaligus mengajarkan kemandirian dan mengembangkan bakatnya berwirausaha.

hasil karya keramik anak berkebutuhan khusus citra alam lakesideBukan hanya berbekal ilmu pendidikan saja namun juga harus dibekali keterampilan supaya anak berkebutuhan khusus mampu menghadapi tantangan dan tuntutan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pengalaman yang mereka dapatkan bermanfaat untuk kehidupan mereka atau sebagai bekal untuk lebih maju sehingga mereka bisa berinteraksi lebih baik lagi dengan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *