Biasanya  setiap kali  ingin membeli sesuatu dari toko online, terlebih dahulu kita mencari ulasan mengenai barang yang akan kita beli tersebut. Ulasan baik berupa online review yang ditandai dengan pemberian bintang, serta testimoni dari orang-orang yang sudah pernah membelinya. Bahkan terkadang satu ulasan pun belum dirasa cukup sebagai acuan bagi seseorang untuk membeli suatu barang. Kebutuhan atau pentingnya sebuah ulasan dalam dunia jual beli barang secara online memang sudah tidak asing lagi saat ini. Tapi bagaimana dengan transaksi jasa? Apakah dibutuhkan ulasan serupa?

Jawabannya adalah ya. Salah satu contoh pemenuhan kebutuhan jasa yang membutuhkan ulasan adalah kebutuhan akan tempat wisata. Seperti diketahui  saat ini banyak orang menjadikan liburan sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi untuk melepas kepenatan dari padatnya aktivitas sehari-hari. Setiap tahunnya sudah ada bulan-bulan tertentu yang dimanfaatkan sebagai waktu liburan bersama teman atau keluarga. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mereka pun tak segan mengeluarkan banyak uang sehingga diperlukan pilihan yang cermat terhadap tempat wisata yang akan dituju.

reveiw customer terhadapp citra alam riverside

Dalam proses memilih lokasi wisata itulah sebuah ulasan menjadi penting. Ketika seseorang akan mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhannya, sudah pasti ia tidak ingin uangnya itu terbuang sia-sia karena salah dalam memilih kebutuhan yang dicarinya. Dengan bantuan mesin pencari online, calon pengunjung dapat leluasa mengetahui tempat wisata mana yang banyak direkomendasikan sesuai keinginan. Selain melalui online, rekomendasi juga bisa diperoleh dari rekan atau kerabat yang pernah berkunjung ke tempat yang sama. Bahkan calon pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bertanya langsung secara online.

Selanjutnya ketika sudah berkunjung, banyak juga yang bisa dilakukan pengunjung untuk mengekspresikan serta mengapresiasikan pengalaman mereka. Ada yang melakukan  up load foto dengan memasukkan check in ke lokasi bersangkutan, ada pula yang langsung menuliskan kesan dan pengalaman dalam review di sejumlah channel sosial media. Namun tak jarang juga pengunjung yang menuliskan kesan buruk dari kunjungannya, misalnya lokasi yang kurang bersih, pelayanan kurang maksimal, dll.

Meski di era digital saat ini sudah marak memasarkan barang dan jasa dengan sistem online, namun banyak para penyedia layanan yang belum menganggap penting adanya review dan testimoni dari pembelinya. Padahal review dan testimoni sudah menjadi acuan bagi calon pembeli untuk tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Melalui review dan testimoni customer itu, sebuah produk barang ataupun jasa dapat memperoleh kepercayaan dari para penggunanya. Sebab disitulah tolok ukur kualitas yang bisa menjadi acuan sebuah usaha atau bisnis tertentu. Bahkan perbaikan dan peningkatan kualitas bisa dilakukan dari hasil testimoni para pengunjung.

Oleh karena hubungan antara penjual dan pembeli adalah saling menguntungkan, maka ada baiknya jika keduanya bisa saling bersinergi. Si penjual mampu memahami keinginan pembeli, maka pembeli pun akan memberikan feed back  berupa kesan baik dari penggunaan barang atau jasa itu sendiri.

Jadi apakah anda masih ragu untuk menggunakan online review saat akan memilih membeli barang/jasa atau menjalankan bisnis secara online?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *