Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar setiap saat, agar tetap bisa menjalani aktivitasnya sehari-hari. Tubuh yang sehat dan bugar juga akan memberikan kekebalan terhadap berbagai serangan penyakit. Banyak orang yang memilih untuk rajin berolahraga dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Olahraga yang dilakukan mulai dari ringan hingga berat, tergantung kebutuhan mereka masing-masing.

Selama ini kita mengenal jenis-jenis olahraga yang banyak dilakukan seperti jogging, berenang, senam, bersepeda hingga olahraga modern seperti aerobik, yoga, fitnes, dsb. Namun ada beberapa permainan yang juga membutuhkan olah fisik dan ketangkasan saat mengikutinya. Permainan tersebut sangat menyenangkan sehingga dapat menjadi alternatif ketika merasa bosan dengan olahraga yang sudah rutin dijalani.

Setidaknya ada 5 permainan olah fisik yang bisa menjadi alternatif pengganti olahraga :

1. Flying Fox

Permainan yang menggunakan media tali dan kait peluncur ini digemari banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain membutuhkan kekuatan dan kondisi fisik yang sehat, flying fox juga bisa bermanfaat untuk melatih keberanian sekaligus mengatasi ketegangan.

2. Wall Climbing

Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan bagaimana memainkan permainan ini. Karena tiap peserta dalam wall climbing harus memanjat dinding dengan menggunakan kaki dan tangannya, maka dibutuhkan keberanian dan kekuatan fisik untuk bisa menyelesaikannya.

3. Balance beam

Selain membutuhkan kondisi fisik yang prima, permainan ini juga memerlukan konsentrasi dan kemampuan keseimbangan tubuh. Untuk itu ada beberapa teknik khusus permainan yang harus dipahami peserta, seperti pandangan harus fokus kedepan dan hindari melihat ke bawah, serta merentangkan tangan saat kaki melangkah.

4. Arung jeram

Permainan yang telah masuk dalam salah satu jenis olahraga ini dilakukan dengan melintasi sungai berbatu baik perorangan atau beregu. Dengan peralatan berupa perahu karet dan sejumlah pengaman lainnya, peserta dapat merasakan keseruan rafting yang menyenangkan. 

5. Banana boat

Satu lagi permainan olah fisik yang dilakukan di air adalah banana boat. Menggunakan perahu yang bentuknya menyerupai pisang, peserta yang terdiri dari 5 sampai 6 orang harus berupaya tetap berada diatas perahu apapun rintangannya. Jika tidak mampu menahan arus laut, maka perahu akan terbalik sehingga mereka gagal dalam permainan tersebut. Meski penuh dengan rintangan dan membutuhkan kekuatan fisik pesertanya, banana boat dimainkan di batas aman pantai.

Meski termasuk dalam permainan yang melatih keberanian, namun kelima permainan tersebut sangat menyenangkan jika dimainkan bersama-sama sehingga dapat menjadi sarana refreshing. Bahkan bisa juga dimasukkan dalam kegiatan outbound yang dikombinasikan dengan rangkaian permainan berkelompok untuk meningkatkan kebersamaan dan kerjasama tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *