barang bernilai tinggi dari tanah liat

“Merdeka adalah bebas berkarya.” Karya yang seperti apa? Tentu karya yang dihasilkan dari tangan sendiri dan lebih diharapkan lagi dapat bermanfaat bagi diri dan orang lain. Terlebih lagi jika karya tersebut bisa memiliki nilai seni tinggi dan menjadi mata pencaharian. Berkarya dengan tanah liat contohnya. 

Tanah liat memiliki tekstur lembut dan lunak sehingga mudah dibentuk. Dengan beberapa teknik khusus, tanah liat dapat menjadi benda atau kerajinan tangan yang memiliki estetika (keindahan) yang cukup unik. Membentuknya pun bisa menjadi bermacam-macam mulai dari bentuk sederhana hingga rumit. 

Peragaan 2 teknik membentuk yaitu teknik pilin dan teknik pijit tangan

Berikut ini teknik-teknik membentuk tanah liat : 

1.Teknik Pijit Tangan

Teknik ini merupakan teknik bagi pemula dalam membentuk sebuah benda keramik, contoh sederhana berupa mangkuk atau bentuk organis yang tak beraturan. Hasil jejak pijitan akan bisa ditampilkan dari tekanan ibu jari dan telunjuk tangan anda.

Fungsi pemijitan dengan jari adalah untuk mengarahkan bentuk pada benda yang akan dibuat, juga untuk meratakan ketebalan benda secara keseluruhan. Benda yang dihasilkan dari teknik pijit ini berupa bentuk-bentuk keramik yang berukuran relatif kecil sampai sedang. Teknik ini sangat menarik karena pembentukannya secara spontan dan akrab dengan media tanah liat.

2. Teknik Pilin (Coilling)

Teknik pilin (coillin) adalah cara membentuk tanah liat dengan cara membuat bentuk dasar berupa pilin atau seperti tali. Cara melakukan teknik ini adalah dengan mengambil segumpal tanah liat kemudian dibentuk pilinan dengan kedua telapak tangan. Ukuran dan panjang pilinan dibuat sesuai kebutuhan. Kemudian pilinan tanah liat disusun menjadi bentuk yang diinginkan. Setiap susunan diberi tambahan air agar tanah merekat dan menempel.

Bahan Dasar Membuat Keramik

3. Teknik Membutsir

Dilakukan dengan menggunakan alat untuk mencungkil atau menoreh. Teknik ini dilakukan guna memahat atau membentuk detail dari desain yang telah dibuat . Pada teknik ini kreativitas peserta diperlukan agar dapat menghasilkan karya yang baik. 

4. Teknik Putar

Teknik pembentukan dengan alat putar dapat menghasilkan banyak bentuk yang simetris (bulat, silindris) dan bervariasi. Cara pembentukan dengan teknik putar ini sering dipakai oleh para pengrajin di sentra-sentra keramik. Pengrajin keramik tradisional biasanya menggunakan alat putar tangan (hand wheel) atau alat putar kaki (kick wheel). Para pengrajin bekerja di atas alat putar dan menghasilkan bentuk- bentuk yang sama seperti gentong, guci dll.

Berkreasi tanpa batas, tanah liat bisa menjadi kreativitas untuk anak

Dalam arti yang luas, merdeka berkarya adalah setiap manusia bebas berkarya tanpa mengenal batasan usia bahkan kondisi fisik. Berkreasi tanpa batasan umur memungkinkan anak-anak hingga orang tua bisa mengikuti kegiatan ini.

Membuat kreasi dengan tanah liat juga dinilai efektif melatih kemampuan dasar anak-anak berkebutuhan khusus. Para difabel pun dapat memanfaatkan tanah liat untuk bahan mencari mata pencaharian bagi mereka. Dengan berkreasi seindah dan semenarik mungkin, barang-barang kerajinan dari tanah liat dapat menjadi hasil karya yang layak diperjual belikan dengan harga tinggi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *