Menggelar sebuah acara gathering bukan lagi menjadi hal sulit dan merepotkan, karena sudah banyak tersebar jasa penyelenggara kegiatan tersebut. Jika lebih memilih untuk menangani sendiri penyelenggaraan Gathering, baik perusahaan, komunitas, perkumpulan atau di lingkungan perumahan, sudah banyak juga panduan untuk pelaksanaannya.

 

Meski sudah ada berbagai kemudahan tersebut, namun masih banyak yang mengabaikan tema dari penyelenggaraan acara gathering. Kebanyakan acara gathering yang digelar tidak terfokus pada goal atau tujuan yang akan dicapai, atau hanya sebagai sarana untuk melepas kejenuhan dan bersenang-senang. Padahal sebenarnya, menentukan tema acara sama pentingnya dengan memilih lokasi, menyusun kegiatan, sampai menetapkan baju apa yang akan dikenakan saat berlangsungnya acara agar semua penuh semangat kebersamaan.

Menentukan tema acara Gathering penting dilakukan agar kegiatan lebih berkesan dan bisa memberi manfaat bagi para pesertanya ketika kembali lagi dengan pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Gathering tersebut dilakukan rutin setiap tahunnya. Pada perusahaan, penentuan tema acara gathering diperlukan agar seluruh kegiatan menjadi lebih terarah serta memudahkan dalam menentukan substansi isi serta alur kegiatan.

Games indoor Citra Alam

Banyak tema acara gathering yang bisa dipilih terutama yang digelar oleh perusahaan. Meski demikian banyak hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tema tersebut seperti :

  1. Visi dan misi perusahaan

Agar tujuan penyelenggaraan gathering dapat tercapai, visi misi perusahaan menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menyusun konsep acara gathering termasuk menentukan tema. Bahkan akan lebih baik lagi jika disesuaikan dengan agenda perusahaan, seperti ulang tahun perusahaan, pemberian reward bagi karyawan terbaik, atau pencapaian target tahunan perusahaan. Ada juga beberapa perusahaan yang menggelar gathering dengan keluarga karyawan sebagai ajang silaturahmi setelah hari raya.

2. Tujuan kegiatan

Dalam menentukan tema, harus terlebih dahulu melihat tujuan pelaksanaan kegiatan gathering yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Apalagi jika kegiatan gathering masuk dalam agenda rutin tahunan. Pemilihan tema yang menarik dan variatif akan membuat acara semakin berkesan bagi tiap pesertanya.

Gathering di Citra Alam

3. Jumlah peserta dan usianya

Mengetahui jumlah peserta beserta usianya termasuk yang sangat diperlukan dalam menentukan tema sebuah acara gathering. Sebab hanya pada acara gathering  inilah yang paling memungkinkan untuk mengikutsertakan keluarga termasuk anak-anak. Jika diperkirakan banyak karyawan yang membawa anak-anaknya, sebaiknya dilakukan juga pengelompokan usia, agar dapat mempermudah penyusunan acara berdasarkan tema yang sudah ditetapkan.

4. Lokasi kegiatan

Hal yang tak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan dalam menentukan tema acara gathering adalah lokasi kegiatan. Misalnya saat sebuah acara gathering akan digelar di daerah pegunungan, tema yang bisa diangkat adalah kembali ke alam atau tema yang bernuansa petualangan. Akan berbeda juga apabila lokasi kegiatan adalah taman bermain.

Family Gathering Citra Alam Seaside

Berikut ini adalah beberapa contoh tema acara gathering yang pernah digelar :

  • “Semangat Kebersamaan untuk Meraih Prestasi Terbaik”, tema sebuah acara gathering yang diselenggarakan divisi personalia dan keuangan sebuah perguruan tinggi
  • “Cahaya Kebersamaan : Sendirian Kita Hanya Setetes, Bersama Kita adalah Lautan”, tema acara gathering sebuah perusahaan yang bergerak dibidang infrastruktur
Bagian dari panorama Citra Alam Seaside Anyer
  • Tema Survival, Memburu Harta Karun, dan Back to High School, merupakan contoh tema-tema menarik dalam acara gathering sejumlah komunitas dan perusahaan besar. Dalam kegiatan tersebut, peserta diharuskan menggunakan baju yang sesuai dengan tema. Susunan acara termasuk permainannya juga disusun berdasarkan tema.

Menggelar acara gathering di alam terbuka masih menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah perusahaan maupun kelompok atau komunitas. Citra Alam memiliki panorama keindahan alam yang mempesona untuk dijelajahi, baik di Riverside, Cilember, Bogor , Lakeside, Situ Gintung, Ciputat, serta Seaside, Anyer. Untuk acara gathering, banyak kegiatan yang bisa diikuti dalam suasana yang menyenangkan, atau Anda bisa merancang sendiri kegiatan gathering yang diinginkan, dan Tim Citra Alam akan selalu mendukung kelancaran setiap kegiatannya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.