Baru saja kita memperingati Hari Sumpah Pemuda yang menjadi tonggak persatuan di tengah keberagaman sekaligus mengingatkan kembali semangat perjuangan para pemuda untuk menghantarkan Indonesia pada kemerdekaan dari penjajah. Dalam peringatan sumpah pemuda 2019, bangsa Indonesia sedang mengalami kebangkitan generasi milenial dalam program pembangunan nasional. Diangkatnya seorang Menteri termuda yang ahli dalam dunia digital, menjadi salah satu penandanya. Adalah Nadiem Makarim, CEO GoJek Indonesia yang dipercaya oleh Presiden untuk menduduki posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Banyak pihak yang mengharapkan pengangkatan Nadiem menjadi angin segar bagi dunia pendidikan di Indonesia, terlebih di era digital sekarang ini.

Saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (28/10) Mendikbud Nadiem Makarim mengakui bahwa dirinya adalah perwakilan generasi muda milenial yang mendapatkan kesempatan berada di dalam pemerintahan. “Pada saat saya diberikan kesempatan dari Pak Presiden untuk membantu generasi berikutnya, saya tidak berpikir dua kali. Saya melangkah kedepan, apapun resikonya,” ungkapnya.

Sebagai generasi yang memiliki kemampuan lebih baik dalam kemajuan teknologi, tentunya diharapkan generasi milenial dapat menjawab segala tantangan perkembangan jaman sekaligus menerapkannya. Keikutsertaan dan peran mereka dalam pembangunan sangat dibutuhkan demi terwujudnya kemajuan bangsa. Seperti pesan Mendikbud,” Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *