Sebagai manusia, mahluk ciptaan Tuhan yang diberi keistimewaan karena memiliki akal dan pikiran, sudah pasti tidak akan bisa terlepas dari 2 hal ini yaitu imajinasi dan kreativitas. Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, imajinasi berarti daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau bisa disebut juga sebagai khayalan. Sementara definisi imajinasi menurut wikipedia adalah kekuatan atau proses menghasilkan ide dari otak seseorang. Dalam kenyataannya, imajinasi adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, didengar dan dirasakan. Dengan imajinasi, manusia mampu mengembangkan sesuatu dari kesederhanaan menjadi lebih bernilai, dalam pikirannya.

Lalu bagaimana dengan kreativitas?  

Masih bersumber dari wikipedia, kreativitas atau daya cipta diartikan sebagai proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan. Melalui daya cipta tersebut akan muncul tindakan untuk membuat sesuatu yang baru. Saat ini, kreativitas seseorang sudah banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti keturunan dan lingkungan. Hampir sama dengan definisi yang dibuat wikipedia, KBBI juga mengartikan kreativitas sebagai kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu dengan kreasi yang dimilikinya.

Dengan demikian artinya imajinasi dan kreativitas sangat penting dalam hidup kita dan bahkan tidak mungkin bisa dihindari. Saat menonton film, anda pasti membayangkan seolah-olah ceritanya benar-benar terjadi, atau ketika mendengarkan musik, anda akan hanyut dibawa alunannya yang mendendang di telinga. Itulah imajinasi.  Dari hasil proses berpikir (imajinasi) maka muncul kreativitas. Oleh karena itu baik imajinasi maupun kreativitas, keduanya tidak dapat dipisahkan.

Mengembangkan kreativitas melalui imajinasi sangat penting dilakukan sejak usia dini, karena pengaruhnya yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Apalagi setiap anak pasti memiliki bakat dan kemampuan untuk mengembangkan kreativitasnya. Tak hanya anak, orang dewasa pun juga masih membutuhkan kesempatan dan wadah untuk menyalurkan kreativitas mereka agar dapat terus berinovasi menghasilkan hal baru yang berguna bagi dirinya serta orang banyak.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyalurkan kreativitas seseorang yang dihasilkan dari imajinasi. Misalnya dengan berbagai kegiatan edukasi yang memberi kebebasan berkreasi seperti menggambar, melukis, atau membuat kerajinan dari berbagai bahan sederhana bisa jadi kegiatan menyenangkan dengan potensi mendatangkan penghasilan tambahan.

Kain dan warna bisa menjadi media untuk menuangkan imajinasi dan kreativitas. Kegiatan menggunakan kain dan warna yang sudah banyak dikenal misalnya membatik dan melukis diatas kaos.

Citra Alam memiliki kegiatan pelatihan membatik dan melukis diatas kaos yang bisa dilakukan di alam terbuka dengan panorama berbeda di setiap lokasinya. Dari pengalaman menggelar pelatihan seni dan budaya termasuk membatik dan melukis kaos selama kurang lebih 9 tahun, Citra Alam telah memperoleh kepercayaan dari customer yang kebanyakan adalah sekolah. Siswa mulai dari usia  SD hingga sekolah lanjutan atas, telah merasakan keseruan mengikuti pelatihan tersebut, baik di Citra Alam Riverside – Bogor, Citra Alam Lakeside – Situ Gintung, atau Citra Alam Seaside, Anyer.

Pelatihan membatik dikhususkan bagi peserta kelas 4 SD keatas. Pada usia tersebut seorang anak dianggap sudah memiliki cukup kehati-hatian untuk menggunakan peralatan seperti canting yang berbentuk lancip, serta cairan malam yang selalu ada diatas tungku pemanasnya. Kemampuan untuk berimajinasi dan berkreasi mereka pun juga  sudah lebih baik, termasuk dalam membuat atau membentuk pola yang berukuran kecil.

Sementara untuk anak-anak usia TK hingga kelas 3 SD dapat mengikuti kegiatan melukis diatas kaos yang menggunakan kuas dan cat warna. Imajinasi dan kreasi mereka akan lebih mudah dituangkan diatas gambar yang berukuran besar. Terlebih jika lukisan tersebut ditorehkan diatas kaos yang nantinya bisa mereka pakai setelah gambar yang telah di cat warna sudah kering.

Di usia remaja hingga dewasa, kesempatan untuk menghasilkan karya dari sebuah ide dan kreativitas akan lebih terbuka. Melalui pelatihan membatik dan melukis kaos di Citra Alam, para peserta bebas mengkreasikan kombinasi warna diatas kain yang sudah digambarkan  berbagai macam motif.

Dari aktivitas menuangkan imajinasi dan kreativitas melalui pelatihan batik dan melukis kaos di Citra Alam, akan diperoleh pengalaman berkesan sekaligus bermanfaat. Selain dapat membangun kreativitas untuk diri sendiri, kegiatan itu juga bisa menginspirasi orang lain untuk berkreasi. Sambil berkreasi, peserta akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai proses membuat kain batik, sekaligus menambah kecintaan terhadap warisan luhur budaya bangsa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *