citra alam riverside

Camping merupakan salah satu kegiatan diluar Sekolah yang sangat digemari oleh anak-anak, aktivitas ini dapat dilakukan di alam terbuka seperti di gunung, hutan, pantai atau bumi perkemahan. Selain bisa tidur di dalam tenda, kegiatan camping bisa meningkatkan kemandirian anak dan kedisiplinan. Kegiatan camping tentunya merupakan kegiatan menyenangkan apalagi bagi kalangan anak-anak yang masih berada di bangku Sekolah. Bukan hanya untuk belajar lebih dalam tentang ilmu kepramukaan akan tetapi untuk lebih mengenal alam beserta keindahan yang disuguhkan. Kegiatan camping akan bertambah seru jika melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan kemandirian anak dengan kegiatan camping, sebagai berikut:

1. Jelajah alam

kegiatan jelajah alam di Citra Alam SeasideJelajah alam salah satu kegiatan untuk meningkatkan kemandirian anak. Jelajah alam merupakan kegiatan untuk menjelajahi alam terbuka yang berguna untuk kesehatan jasmani, menyegarkan otak, dan sebagai cara untuk lebih mengenal atau lebih dekat dengan alam sekitar. Sekaligus sebagai rasa syukur terhadap ciptaan tuhan yang berlimpah. Dalam kegiatan camping aktivitas ini biasanya dilakukan pada saat pagi atau siang hari. Tugas yang diberikan saat jelajah alam biasanya para peserta akan berjalan melewati lima pos, yaitu pos pengetahuan umum, tali temali, PBB (peraturan baris-berbaris), sandi kotak, dan ketangkasan. Kegiatan ini dapat meningkatkan  kemandirian dan kedisiplinan serta kekompakan anak.

2. Fun games

permainan UFO Citra Alam LakesideKegiatan camping dijamin akan bertambah seru dengan adanya fun games. Tentunya fun game yang dipilih akan berpengaruh sebagai relaksasi supaya peserta bisa lebih rileks setelah melakukan berbagai macam kegiatan. Tujuan dari fun games ini adalah untuk meningkatkan kemandirian, kerja sama, kekompakan, dan kedisiplinan. Fun games yang dimainkan juga bermacam-macam seperti UFO, team bom, transfer air, dan permainan lainnya. Dengan mengikuti berbagai macam games artinya anak-anak akan belajar bagaimana memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah bersama tim regu.

3. Memasak sendiri

memasak saat Camping di Citra Alam RiversideSaat sedang mengikuti kegiatan camping semua tidak bisa didapatkan dengan instant seperti saat berada di rumah. Di rumah semua makanan sudah disiapkan namun saat camping anak-anak belajar untuk mencari kayu bakar sendiri dan bahan makanan sendiri bahkan sampai memasak. Saat inilah anak belajar untuk mandiri dengan melakukan sesuatu tanpa bantuan orangtua.

4. Api unggun

api unggun di Citra Alam riversideApi unggun merupakan aktivitas wajib saat acara camping, api unggun adalah semacam aktivitas menyalakan api diatas tumpukan kayu yang sudah disusun dengan rapi pada waktu malam hari. Biasanya api unggun dinyalakan di malam terakhir sekaligus untuk menampilkan pensi (pentas seni) dari masing-masing regu. Dimana peserta dapat menampilkan kemampuannya seperti bernyanyi, menari, drama, dan kemampuan lainnya.

Jadi orangtua tidak perlu khawatir saat putra-putri anda melakukan kegiatan camping, semua itu bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemandirian anak-anak anda.  Selama masih dalam pengawasan guru pembina dan lokasi yang aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *