Banyaknya pekerjaan kantor yang perlu diselesaikan hanya menyisakan sedikit waktu untuk berlibur, yang tentu saja dapat berdampak pada menurunnya kualitas kerja. Karena hal tersebut dapat memicu seseorang mengalami stress. Padahal setiap perusahaan mengutamakan kualitas karyawan yang mampu memberikan kontribusi cukup besar dengan kinerja yang baik dalam upaya mengubah diri dalam persaingan di era globalisasi seperti ini.

Meningkatkan etos kerja melalui kegiatan outbound merupakan alternatif dari suatu perusahaan demi meningkatkan kepribadian yang positif dari dalam diri setiap karyawan, serta membangun mental kerja sama yang baik. Oleh karena itu, kegiatan outbound merupakan  agenda yang sering kali dilakukan perusahaan untuk meningkatkan etos kerja,  kebersamaan, kekompakan dan koordinasi sesama karyawan.

Dalam melakukan kegiatan outbound  para peserta dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Setiap permainan dalam kegiatan outbound diramu dan diracik sedemikian rupa sehingga dapat membuat peserta menjadi fresh, bersemangat dan kompak dalam melakukan kegiatan.

ice breaking

Outbound perusahaan dilakukan secara berkelompok, games yang dimainkan dapat membangun komunikasi dan kebersamaan serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan diri dan kelompok. Selain itu, meningkatkan kinerja kelompok yang solid dalam lingkungan kerja, menumbuhkan komitmen bersama untuk maju dan meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terhadap perusahaan serta meningkatkan hubungan kerja sama, solid, sinergi  dalam  kekompakan tim atau kelompok.

Dalam kehidupan sehari- hari atau dalam dunia kerja, seseorang selain dapat bekerja secara individu diharapkan juga mampu bekerja secara kelompok atau tim dalam menyelesaikan target kerja. Dinamakan sebuah tim tentunya karena dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki sifat, keahlian dan latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, setiap anggota tim dituntut untuk dapat bekerja sama dalam tim maupun dengan tim lainnya agar tercapai tujuan yang diinginkan oleh organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja.

citra alam riverside

Sejauh ini sudah banyak beberapa perusahaan, organisasi,dan komunitas yang menyelenggarakan kegiatan outbound di alam terbuka.

Kenapa di alam terbuka menjadi pilihannya? karena dengan melakukan outbound  di alam terbuka membuat peserta melupakan kepenatan dan ketegangan dari aktivitas dan rutinitas keseharianya, sehingga setelah melaksanakan outbound peserta dapat lebih segar kembali dalam aktivitasnya. Selain itu para peserta dapat merasakan kesejukan alam dengan udara yang masih segar, tidak ada polusi  dan tentunya suasana lebih damai.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan etos kerja melalui kegiatan outbound, perusahaan, organisasi, maupun komunitas dapat memilih kegiatan ini dan bahkan dapat menjadikannya sebagai solusi dengan harapan dapat mengurangi stres bagi karyawan selama bekerja dan meningkatkan kerja sama antar tim untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

One thought on “Meningkatkan Etos Kerja Melalui Kegiatan Outbound

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *