Berkemah atau camping memang merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Termasuk sebagai salah satu kegiatan yang paling ditunggu, khususnya dalam organisasi kepramukaan atau pencinta alam. Camping yang dilakukan di alam bebas biasanya digelar di tengah hutan, kawasan pegunungan atau pantai. Setiap peserta mambawa berbagai peralatan dan perbekalan untuk kebutuhan selama menginap di tengah alam terbuka. Namun camping bisa juga dilakukan di lokasi yang sudah tersedia berbagai fasilitasnya. Anda tinggal menikmati semua kegiatan yang sudah direncanakan tanpa harus direpotkan dengan membawa berbagai peralatan dan perbekalan. Termasuk memasang tenda camping yang membutuhkan keahlian tertentu, ketelitian, dan tentu saja waktu yang lama. Selain keahilan dalam memasang tenda camping, dibutuhkan juga pengetahuan mengenai bagaimana merawatnya. Perawatan tenda camping penting dilakukan agar tenda tetap awet dan selalu nyaman saat digunakan.

Persiapan memfasilitasi kegiatan camping 

Ketika anda menggelar kegiatan camping di lokasi yang serba lengkap fasilitasnya mungkin tidak terpikirkan bagaimana melakukan berbagai persiapan sebelum kegiatan serta apa saja yang dilakukan setelah kegiatan selesai. Di Citra Alam contohnya. Setelah kegiatan camping customer selesai banyak hal yang dilakukan salah satunya  mencuci tenda camping.

Pencucian yang merupakan bagian dari perawatan tenda camping di Citra Alam sangat bergantung pada kondisi tenda tersebut. Karena jumlah tenda di Citra Alam banyak sekali, maka perawatannya pun akan lebih intensif.

Mencuci tenda tergantung kondisinya. Jika memang kondisinya mengharuskan, maka akan dilakukan pencucian. Tetapi apabila tidak begitu kotor, cukup dibersihkan dengan menggunakan alat-alat kebersihan seperti sapu dan pel, serta ditaburi kapur barus untuk mencegah bau.

Tahapan pencucian tenda

Untuk pencucian tenda camping dilakukan dengan menggunakan shampo atau sabun yang berbahan lembut seperti sabun cair bayi. Pencucian dengan detergen sangat tidak dianjurkan karena akan merusak bahan tenda. Menyiramnya juga dilakukan secara perlahan dengan air yang mengalir kecil.

Setelah dicuci, untuk mengeringkannya cukup dengan mengangin-anginkan saja serta tidak menjemur dibawah sinar matahari langsung karena akan merusak warna tenda sekaligus mengurangi kekuatan dari bahan tenda. Penting untuk melakukan perawatan terhadap tenda camping agar tenda tidak mudah bau dan timbul bintik hitam. Terlebih untuk memberikan pelayanan maksimal kepada customer, para crew di tempat wisata yang menyediakan fasilitas tenda camping perlu untuk mengetahui berbagai tahapan dalam perawatan tersebut.

Bagi anda yang gemar melakukan aktivitas outdoor dengan menggelar kegiatan camping juga perlu untuk memahami tahapan perawatan tenda camping yang dimiliki. Seperti seyogyanya merawat barang-barang yang dapat menunjang hobi anda agar selalu dalam keadaan baik ketika digunakan dan lebih tahan lama untuk pemakaiannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *