Sebagai salah satu pendidikan di luar sekolah yang mampu bertahan di segala jaman, Pramuka dinilai dapat menjadi benteng dalam mendidik dan membina generasi muda dengan jiwa tangguh, terampil, cerdas dan disiplin. Dalam kegiatan tersebut, para anggota bukan hanya menerima materi atau isi pelajaran melainkan juga memiliki kesempatan belajar menumbuhkan sikap-sikap dan perbuatan yang baik untuk membentuk karakter dan kekuatan jasmani. Kepramukaan memiliki berbagai aspek pembelajaran mulai dari segi spiritual, emosional, sosial, jasmani dan rohani, yang diperoleh dari beragam kegiatan. Pada setiap kegiatannya bisa dilakukan secara individu maupun kelompok, seperti dalam kegiatan perkemahan pramuka.

Banyak kegiatan dalam kepramukaan baik indoor maupun outdoor. Pada kelompok anggota pramuka pemula atau yang biasa disebut Siaga , kegiatan lebih banyak dilakukan di dalam lingkungan sekolah. Sedangkan kelompok anggota dari penggalang hingga tingkat yang lebih tinggi lagi,  sudah bisa mengikuti kegiatan di luar lingkungan sekolah.

Dari kegiatan pramuka yang bermacam-macam, salah satu yang menyenangkan, berkesan dan memiliki banyak manfaat adalah perkemahan. Pada pembahasan sebelumnya, sudah dijelaskan apa saja manfaat perkemahan pramuka, persiapan, serta kegiatan yang dilakukan saat berkemah. Lalu jenis kegiatan perkemahan  apa saja dalam Pramuka?

Berdasarkan penjelasan dalam situs Wikipedia, ada banyak sekali jenis kegiatan perkemahan Pramuka yang terbagi berdasarkan waktu pelaksanaan, tempat, tujuan, serta jumlah peserta. Dari bermacam-macam perkemahan tersebut, 3 diantaranya adalah :

1. Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan Perkemahan Kamis Jumat (Perkajum)

Seperti namanya, persami dan perkajum yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini masuk dalam kelompok perkemahan berdasarkan waktu pelaksanaan. Jenis perkemahan ini biasanya banyak digelar oleh anggota pramuka tingkat siaga hingga penggalang, dalam satu sekolah. Kegiatan maupun acara yang disusun dalam persami dan perkajum juga disesuaikan dengan tingkatan para anggota. Persami dan Perkajum juga sering dilakukan untuk agenda pelantikan atau kenaikan tingkat anggota dengan berbagai kegiatan yang menguji fisik dan mental para pesertanya. Jenis perkemahan ini bisa dilakukan di dalam atau di luar lingkungan sekolah.

  1.      Perkemahan Lomba

Perkemahan yang diikuti oleh anggota pramuka mulai dari tingkat penggalang atau usia SMP keatas ini, terbagi berdasarkan tingkat penyelenggaraan yakni tingkat gugus depan (antar sekolah), tingkat kwartir ranting (kecamatan), kwartir cabang (kabupaten/kota), kwartir daerah (provinsi), hingga kwartir nasional. Perkemahan lomba diisi oleh berbagai materi perlombaan seperti ketangkasan, keterampilan, patriotisme, pengetahuan kepramukaan serta seni budaya. Pada setiap kegiatan lomba akan diambil beberapa regu putera dan regu puteri untuk diseleksi guna menyandang gelar juara 1, 2 dan 3 serta juara umum.

 3. Perkemahan Jambore

Jambore adalah pertemuan Pramukan Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka mulai tingkat paling ranting sampai tingkat nasional. Bahkan di dunia pun juga diselenggarakan kegiatan serupa yang disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree). Sejak penyelenggaraan pertama di Inggris pada tahun 1920 hingga sekarang, sudah berlangsung 23 kali Jambore dunia.

Dari ketiga jenis perkemahan diatas, yang jumlah pesertanya sangat banyak adalah perkemahan lomba dan perkemahan jambore sehingga tempat penyelenggaraan perkemahan biasanya mengambil lokasi di Bumi Perkemahan, atau tempat wisata yang memiliki area luas.

Sebagai lokasi yang memang diperuntukkan bagi kegiatan camping, bumi perkemahan sudah pasti memiliki sarana dan prasarana penunjang kegiatan. Ada juga tempat wisata yang menyediakan area perkemahan atau camping ground dengan fasilitas lengkap sehingga peserta tidak perlu direpotkan dengan memasak makanan dan minuman sendiri. Seperti Citra Alam yang bisa memfasilitasi kegiatan perkemahan Pramuka baik Persami, Perkajum, Perkemahan Lomba dan Jambore. Para peserta dapat lebih fokus dengan seluruh kegiatan meski tetap bisa melatih kemandirian, disiplin, solidaritas dan interaksi dengan sesama serta lingkungan sekitar.

Melalui kegiatan perkemahan, Pramuka dapat menjadi organisasi kepemudaan untuk  mencetak generasi yang cerdas, terampil dan berkarakter. Sebab hanya kepada generasi muda lah negeri ini menggantungkan harapan akan kemajuannya di masa depan. Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *