hasil karya menarik yang bernilai

Berbagai bahan dan peralatan tampak terlihat di atas meja berbentuk persegi panjang. Bahan yang paling menyolok adalah beberapa lembar kain kasar berwarna-warni. Disampingnya terdapat gunting dan lem, serta ada sebuah nampan yang berisi berbagai pola gambar berukuran kecil dengan bermacam bentuk. Selain itu terlihat beberapa buah spidol berwarna hitam dan 3 buah gelas plastik yang berisi pernak-pernik menyerupai mata boneka dengan ukuran berbeda. Itulah bahan-bahan serta berbagai peralatan yang digunakan dalam kegiatan kreasi dengan tas rajut.

Kegiatan yang baru berupa simulasi tersebut berlangsung di Citra Alam Lakeside, Situ Gintung, Ciputat, dan diikuti oleh tim marketing Citra Alam. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman serta sosialisasi mengenai paket kegiatan baru yang akan segera diluncurkan oleh Citra Alam Lakeside.

Simulasi kegiatan

Di awal simulasi, Bastian, instruktur Citra Alam Lakeside menjelaskan bagaimana ide kreasi tersebut bermula. Menurutnya, setelah menemukan tas rajut beserta tempat membuatnya, ia beserta timnya mencari bermacam cara untuk membuat modifikasi tas tersebut agar lebih menarik. “Prosesnya sekitar 2 bulan untuk memikirkan bagaimana tas bisa menjadi kreasi menarik.”

pengarahan instruktur sebelum kegiatan

Akhirnya terciptalah ide untuk menambahkan hiasan pada tas rajut tersebut. Hiasan terbuat dari kain flanel berwarna-warni serta bermacam-macam bentuk. Selanjutnya tim mencari berbagai perlengkapan untuk mendukung pembuatan kreasi tersebut. Bastian  mengungkapkan, timnya sempat mengalami kesulitan mencari lem yang aman digunakan anak-anak. “Kebanyakan lem mempunyai sifat terasa panas di tangan sehingga membahayakan bagi anak-anak,” jelasnya. Setelah semua bahan dan perlengkapan dipastikan mudah pengadaannya dalam jumlah besar, tim kemudian memastikan kepada pihak pembuat tas rajut untuk bersedia memproduksi sesuai pesanan.

Dalam simulasi para marketing Citra Alam mempraktekkan kegiatan kreasi dengan tas rajut yang memiliki bermacam-macam bentuk dan ukuran. Cara membuatnya sebagai berikut :

  • Pertama-tama pilih kain flanel yang warnanya sesuai untuk dikombinasikan dengan warna tas rajut.
  • Tentukan gambar apa yang akan diaplikasikan diatas kain flanel yang bentuk dan ukurannya juga disesuaikan dengan tas.
  • Jiplak gambar yang sudah ditentukan diatas kain flanel dengan menggunakan spidol. Bagian-bagian kecil dalam gambar seperti mata, baju, mulut, dll yang warnanya berbeda dalam gambar, dibuat tersendiri dalam kain flanel yang warnanya disesuaikan

motif gambar sebagai peralatan kain flanel warna-warni bahan dasar

  • Gunting seluruh jiplakan gambar yang sudah dibuat diatas kain flanel dan tempelkan sesuai dengan letaknya
  • Untuk bagian alis atau mulut yang hanya sebuah garis, dapat diaplikasikan dengan menggunakan spidol atau kain flanel yang sudah dibentuk
  • Setelah gambar sudah lengkap, tempelkan di atas tas rajut dengan menggunakan lem yang telah disediakan
  • Bisa juga mengkreasikan gambar untuk mengisi tempat yang masih kosong di atas tas rajut. Gambar tentu saja disesuaikan dengan gambar yang sudah jadi. Misalnya jika gambar yang sudah jadi berbentuk domba, bisa ditambahkan dengan gambar pohon atau rumput.

Rancangan paket kegiatan

Gambar Terapan sesuai motifcara menerapkan motif gambar

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat gambar kreasi diatas tas rajut adalah 1,5 – 2 jam. Apabila jumlah pesertanya banyak, akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing beranggotakan maksimal 6 orang. Berikut ini rancangan paket kegiatan Kreasi Dengan Tas Rajut :

  • Welcome Drink (minuman hangat dan snack)
  • Pengenalan dan demo pembuatan kreasi dengan tas rajut
  • Praktik pembuatan kreasi dengan tas rajut dipandu oleh instruktur
  • Bahan dan alat pelatihan untuk setiap peserta
  • 3 Fun Games
  • 1 x makan (makan siang+buah)
  • Saung / Aula soundsystem  

Setelah paket kegiatan sudah berlaku nantinya pihak Citra Alam akan menentukan model tas seperti apa untuk customer baik sekolah maupun umum. Untuk sekolah pun juga akan dikelompokkan berdasarkan jenjangnya yakni TK, SD, SMP dan SMA dengan model yang disesuaikan. Customer hanya bisa memilih warna tas rajut dari 2 kelompok pilihan yaitu kelompok warna untuk perempuan dan kelompok warna untuk laki-laki. Diberikan batas waktu paling lambat 3 minggu sebelum waktu kegiatan, untuk pemesanan paket tersebut.

hasil karya menarik yang bernilai

Banyak cara bisa dilakukan untuk berkreasi dalam bentuk apapun, termasuk mengembangkan kreativitas dengan suatu hasil karya. Terlebih jika pengembangan kreativitas tersebut dilakukan melalui kegiatan yang diikuti bersama teman. Kegiatan berkreasi dengan tas rajut diharapkan bisa mewadahi pengembangan kreativitas menjadi hasil karya yang indah dan bernilai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *