Ada ungkapan yang menyebutkan “Bertambah usia itu pasti, tapi menjadi dewasa adalah pilihan”. Kalimat itu tak hanya ditujukan bagi seorang remaja yang baru saja beranjak dewasa, tapi juga bisa ditujukan pada seseorang yang sudah dewasa tapi belum memiliki kedewasaan dalam berpikir dan bersikap. Saat masuk pada usia dewasa, tentu saja setiap orang akan mengalami banyak perubahan dalam kehidupannya. Tapi tidak semuanya bisa menjadi dewasa seutuhnya. Kedewasaan seseorang juga seringkali dipengaruhi oleh karakter yang dimiliki serta lingkungan di sekitarnya, seperti latar belakang keluarganya dan dengan siapa saja ia bergaul. Agar seseorang bisa menjadi lebih dewasa hingga akhirnya memiliki kehidupan yang lebih baik, perlu dilakukan pengembangan karakter. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan karakter seseorang adalah melalui kegiatan outbound yang didalamnya terdapat bermacam permainan individu maupun kelompok. Permainan tersebut dapat menciptakan peluang unik untuk setiap personil di setiap levelnya.

ragam permainan dalam kegiatan outbound

Beberapa permainan yang termasuk dalam kegiatan outbound seperti : 

  • Flying fox
  • Arung Jeram 
  • Team Building
  • Banana Boat
  • Balance Beam
  • Highropes 
  • Paint Ball
  • Panahan

Berlangsungnya kegiatan outbound selalu berada dibawah arahan instruktur atau fasilitator. Hal itu berkaitan dengan pemasangan standart pengamanan untuk sejumlah permainan yang memiliki resiko tertentu serta panduan yang berhubungan dengan manfaat dari setiap permainannya.

Setiap permainan dalam kegiatan outbound memiliki sejumlah manfaat antara lain dalam membangun karakter baik bagi diri masing-masing peserta maupun hubungan antar peserta. Pelajaran apa saja yang bisa diambil dari outbound? 

Menghadapi Masalah melalui berbagai tantangan yang ada di dalam  setiap permainan. Tantangan itu dapat digambarkan sebagai permasalahan yang mau tidak mau harus dilalui dalam kehidupan. 

Menjadi Pribadi Mandiri dimana setiap peserta harus ikut serta dalam semua permainan dan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Dengan begitu secara tidak langsung dapat melatih sikap  tidak bergantung pada orang lain. 

foto bersama gathering karyawan perusahaan

Mengambil Keputusan Sendiri yang juga berhubungan dengan sikap mandiri dalam menghadapi setiap masalah. Beberapa permainan dalam kegiatan outbound yang memiliki resiko dan tantangan berat seperti flying fox, highropes dan balance beam mendorong setiap pesertanya untuk berani mengambil keputusan sendiri. Keberanian itu menjadi sangat penting bagi pengembangan karakter seseorang. 

Berani Menyampaikan Pendapat yaitu mengajak peserta untuk aktif dalam diskusi. Ada beberapa jenis permainan dalam outbound yang mengharuskan pesertanya menyampaikan pendapat dalam bermusyawarah. Dengan begitu setiap peserta akan  terbuka pikiran dan wawasannya termasuk bagaimana seharusnya bersikap. 

Mampu Menentukan Prioritas sebagai bagian dari menemukan jalan untuk memecahkan permasalahan. Berbagai tantangan dalam setiap permainan outbound, akan menstimulasi pikiran setiap pesertanya untuk bertindak secara tepat. Ketika peserta mampu menentukan apa saja yang menjadi prioritasnya, maka dia akan lebih mudah dan cepat menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan. 

Bukan hal mudah untuk membangun atau mengembangkan karakter seseorang menjadi lebih baik. Akan tetapi bukan hal sulit juga untuk memulainya, karena semua permasalahan sudah pasti ada jalan keluarnya. Terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik akan memudahkan menggapai kehidupan yang lebih baik juga.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *