“Tujuan kami di departemen kami, kita punya satu project yang harus dijalankan. Project harus berjalan baik jika ada bonding didalamnya, keakraban, team work yang solid, dengan demikian akan lebih mudah mencapai tujuan dari project kita.” Demikian diungkapkan Bapak Kevin selaku koordinator kegiatan PT Candra Asri yang menjelaskan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan team building, di Citra Alam Seaside, Anyer. Bonding dalam sebuah team work memang diperlukan sehingga penting untuk dibangun antara karyawan satu sama lain. 

Apa itu bonding? Mengapa begitu penting untuk membangun team work yang solid? 

Dalam kamus bahasa Inggris, bonding berarti ikatan. Di dunia kerja bonding bisa bermakna rasa kebersamaan atau sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan atau persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa. Dalam sebuah perusahaan, organisasi atau komunitas, bonding diperlukan dalam menjalankan setiap pekerjaan, mengambil sebuah keputusan, penyelesaian masalah dalam bekerja, visi dan misi dll. 

Selain PT Candra Asri, beberapa komunitas, organisasi, instansi maupun perusahaan lain juga menggunakan tujuan membangun bonding anggota atau karyawannya, dalam kegiatan outbound yang mereka gelar.

Salah satunya adalah Toko perlengkapan bayi Kiddo Baby yang beberapa waktu lalu menyelenggarakan outbound team building bagi karyawannya. Menurut Stephanie, sang pemilik toko, kegiatan yang baru pertama kali digelar itu diharapkan dapat mempererat rasa persaudaraan. “Harapan saya sih meningkatkan moral karyawan, lebih dekat, nggak jaim-jaim lagi, lebih kompak.”  

Dengan mengikuti aktivitas bersama yang menyenangkan, selain akan memberikan penyegaran bagi karyawan, hubungan baik pun akan semakin erat. Dengan demikian semangat kerja untuk menjalankan tanggung jawab secara bersama-sama akan tercipta, sehingga target pekerjaan apapun dapat tercapai. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *