kegiatan SNI Citra Alam Seaside

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan keanekaragaman suku, budaya, dan agama. Namun, dengan perbedaan yang ada kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Jangan sampai karena banyaknya perbedaan akan memecah belah bangsa. Untuk itu perlu menanamkan kepada generasi penerus bangsa agar memiliki semangat nasionalisme dalam mengisi pembangunan bangsa. Salah satu cara menanamkan semangat kebangsaan sejak dini adalah melalui Workshop Kebangsaan atau Sosialisasi Nasionalisme Indonesia (SNI).

Kegiatan SNI hingga kini masih mengisi ruang khusus dalam kegiatan camping yang digelar di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SLTP. Dalam kegiatan tersebut, para siswa usia remaja diperkenalkan tentang sejarah nasional Indonesia melalui tayangan dan pemaparan yang menarik. Dengan menghadirkan pembicara atau narasumber profesional serta para saksi sejarah, workshop mampu menarik perhatian anak sehingga mereka dapat memahami sejarah bangsa. Selama pelaksanaannya, workshop untuk membangun karakter dan membuat semakin cinta Indonesia ini selalu mendapat respon positif baik dari siswa maupun para guru.

kegiatan SNI di aula citra alam lakeside

Pentingnya menanamkan semangat kebangsaan sejak dini juga pernah disampaikan oleh Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto. Menurutnya, saat ini anak-anak kerap dijejali oleh budaya konsumerisme, materialisme, cara berpikir instan, serta gaya hidup serba digital tanpa literasi.

“Hal-hal tersebut menimbulkan kerentanan bahwa suatu saat anak-anak akan rapuh etos kerja, etos belajar, etos berinovasi, etos berdedikasi dan etos kebangsaannya,” ujarnya. Oleh karena itu generasi muda dihimbau untuk menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme.

Selain menanamkan semangat kebangsaan atau nasionalisme sejak dini, workshop kebangsaan juga bermanfaat menanamkan pendidikan karakter anak . Sebab pendidikan karakter memiliki makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak yang bertujuan membentuk pribadi anak, agar menjadi manusia, warga masyarakat serta warga negara yang baik.

kekhidmatan SNI di citra alam seaside

Saat ini workshop kebangsaan menjadi salah satu program dari Rumah Kebangsaan Pancasila (RKP), sebuah wadah yang memfasilitasi pendidikan pelatihan karakter bangsa dan merupakan bagian dari Citra Alam Riverside, Kecamatan Cisarua, Bogor. Bersama dengan program-program lain yang dimiliki RKP seperti Tur Kebangsaan, Outbound Kebangsaan serta Angklung Kebangsaan, workshop kebangsaan diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai kebangsaan serta jati diri sebagai bangsa Indonesia, sehingga tidak mudah terpengaruh dengan arus globalisasi yang terjadi saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *