Dari tahun ke tahun peringatan HUT Kemerdekaan RI selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan di seluruh wilayah Indonesia yang bertujuan untuk mengenang dan meneruskan semangat perjuangan para pahlawan. Kegiatan tersebut diantaranya berupa ceremonial upacara di sejumlah instansi dan sekolah, serta aneka perlombaan yang menjadi pesta rakyat.

Tema “72 Tahun Indonesia Kerja Bersama” yang diangkat pemerintah pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini di representasikan oleh Citra Alam dengan mengusung tema “Kerja Bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika”. Tema tersebut dipilih sebagai upaya pembudayaan terhadap nilai-nilai Pancasila, khususnya pada generasi muda. Salah satu metode untuk pembudayaan Pancasila adalah melalui sosialisasi pidato-pidato Bung Karno.

Bung Karno sebagai penggali Pancasila, pemimpin besar revolusi Indonesia, Proklamator dan penyambung lidah rakyat Indonesia, merupakan contoh seorang pemimpin yang ahli dalam seni berpidato (orasi). Setiap kalimat-kalimat yang disampaikannya selalu bergelora dan penuh semangat sehingga siapapun yang mendengarnya pasti terpukau dan terbakar semangatnya.

Terinspirasi dari pidato-pidato Bung Karno yang nasionalis, bergelora dan penuh semangat itulah, Citra Alam menyelenggarakan event tahunan Lomba Pidato Meniru Gaya Bung Karno. Diharapkan melalui kegiatan seperti ini, nasionalisme Indonesia, cinta tanah air dan bela negara akan dapat tersosialisasi dengan baik di masyarakat, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa.

Lomba Pidato Meniru Gaya Bung Karno akan berlangsung pada  28 – 29 Agustus mendatang, di Citra Alam Riverside, Cisarua, Bogor. Sekitar 100 peserta yang merupakan siswa sekolah menengah serta umum yang berusia 13 s.d 18 tahun, akan berkompetisi menyalurkan bakat serta kemampuan mereka di ajang tersebut.

Event Lomba Pidato Meniru Gaya Bung Karno merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan Citra Alam. Sebelumnya pada tahun 2016, lomba digelar di Anyer pada bulan Januari, bersamaan dengan peresmian Citra Alam Seaside.

Acara berkonsep camping yang akan menjadi event seru Citra Alam tahun ini memiliki banyak manfaat bagi para pesertanya. Selain menambah pengalaman berbicara di muka umum, para peserta juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, memupuk jiwa sportifitas serta  meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa-jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Saat pelaksanaan lomba nanti, pada babak penyisihan, 100 peserta akan menunjukkan kemampuan mereka meniru gaya Bung Karno saat berpidato. Materi pidato yang akan mereka bacakan sudah dipersiapkan oleh panitia lomba. Penilaian dilakukan oleh beberapa orang juri yang memiliki latar belakang budaya dan seni peran. Di babak final, 10 peserta yang terpilih akan berkompetisi kembali untuk mendapatkan gelar juara 1, 2 dan 3.

Para juara lomba akan memperoleh hadiah berupa piala, uang, serta piagam penghargaan. Sementara seluruh peserta lomba akan memperoleh sertifikat keikutsertaan lomba. Acara lomba pidato meniru gaya Bung Karno ini juga akan dilengkapi dengan peresmian Rumah Kebangsaan yang akan menjadi wahana edukasi baru di Citra Alam Riverside. 

Mengenang jasa-jasa para pahlawan serta meneruskan perjuangannya melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat, merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, termasuk bagi para generasi muda. Karena ditangan mereka lah masa depan negeri ini berada.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *