Ibarat mutiara yang terbenam dalam lumpur, jika dibersihkan dan diasah mereka akan menjadi cemerlang. Setiap anak mempunyai sejuta potensi yang ada dalam dirinya meskipun demikian ada yang gemar untuk menggali potensi pada dirinya ada pula yang malas untuk menggalinya. Masalah ini lah yang harus kita benahi bersama untuk mengoptimalkan bakat dengan berbagai wahana edukasi supaya menjadi generasi yang tangguh, kuat, dan memiliki keterampilan serta keahlian yang sesuai dengan kebutuhan kehidupan sekarang dan masa mendatang.

Bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam waktu yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. Sedangkan kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru dan dapat dilihat atau didengar oleh orang lain. Pada definisi ini lebih menekankan pada aspek proses perubahan (inovasi dan variasi).

pelatihan membuat wayang citra alamAnak bukan lah kertas kosong karena setiap anak mempunyai bakat dan kemampuan yang tertanam dalam dirinya. Kerugian besar akan di alami oleh dirinya juga bangsa Indonesia apabila remaja yang kreatif dan berbakat tidak mendapatkan pembinaan khusus untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Memupuk bakat dan kreativitas anak dengan kegiatan edukasi berarti memberi kebebasan pada anak dalam berkreasi dan  memberi peluang besar untuk menjadi anak yang berkualitas.

pelatihan keramik untuk sekolah dan umumCitra Alam sering menggelar baik kegiatan atau pelatihan seni dan budaya untuk mempelajari warisan budaya luhur seperti pelatihan membatik, pelatihan membuat keramik, pelatihan membuat wayang, melukis di atas kaos atau belajar memainkan alat musik tradisional yaitu angklung. Dengan pelatihan membatik mereka akan mengenal berbagai macam corak atau motif, berbagai teknik-teknik dalam membatik. Begitu pula dengan belajar membuat keramik mereka bisa menuangkan ide atau imajinasi mereka ke dalam karya yang akan mereka bentuk.

Dalam pelatihan wayang anak juga akan belajar membuat miniatur berbagai jenis wayang. Kegiatan edukasi yang diracik dalam bentuk yang menarik dan menyenangkan diharapkan dapat merangsang serta memupuk kreativitas anak sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Dalam kegiatan anak pun bisa sambil bermain namun harus tetap fokus pada kegiatan awal, sehingga bukan hanya menyenangkan namun juga berpengetahuan. Hal ini merupakan kesempatan berharga bagi anak untuk mengasah skill pada dirinya.

outbound citra alam riversideDalam upaya mengembangkan bakat melalui kegiatan edukasi kami berharap supaya anak lebih bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menekuni potensi  yang dimilikinya. Selain itu, kegiatan yang dilakukan di alam terbuka memberikan suasana serta pengalaman baru bagi mereka. Dilengkapi dengan segala fasilitas yang sudah dipersiapkan serta dipandu dengan tim instruktur yang sudah berpengalaman memudahkan mereka dalam melakukan kegiatan. Memberikan kebebasan pada anak berarti memberi kesempatan anak dalam mengembangkan bakat dan potensi untuk mengekspresikan harapan dan cita-citanya sekaligus mencari jati dirinya.

Kesempatan yang sudah ada digenggaman manfaatkan sebaik mungkin karena waktu yang berlalu tak mungkin kembali !!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *