Waktu liburan biasanya dimanfaatkan untuk beristirahat setelah lelah menjalani aktivitas sehari-hari dalam satu minggu. Saat istirahat biasanya diisi dengan sejumlah aktivitas ringan di rumah misalnya tidur, membaca buku, nonton atau bermain game. Melakukan aktivitas tersebut memang sangat menyenangkan dan menghibur namun dianggap tidak sehat atau memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan apalagi  jika terlalu sering dilakukan. Mengapa? Karena saat itu tubuh kita tidak banyak bergerak.

Orang-orang yang setiap harinya bekerja di kantor,  akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan hanya duduk di depan meja kerja dan berhadapan dengan komputer. Ditambah lagi   kondisi lingkungan perkantoran yang tidak menyehatkan akibat polusi udara. Jika mereka  kurang rajin  berolahraga, akan lebih rentan terserang penyakit atau gangguan kesehatan.

Agar diperoleh keseimbangan dalam hidup, penting untuk sesekali menghabiskan waktu liburan dengan aktivitas yang menyehatkan. Seperti melakukan kegiatan di alam bebas. Sebab pada dasarnya manusia memiliki ikatan yang kuat dengan alam.

Beberapa peneliti telah menemukan serta membuktikan manfaat nyata alam bagi kesehatan manusia. Seperti dilansir dari laman The Health Site, menghabiskan waktu di alam terbuka memiliki banyak manfaat kesehatan :

1. Dapat mengurangi stress

Diketahui stress dapat memicu atau memperburuk penyakit. Semakin banyak waktu yang dihabiskan di alam terbuka akan semakin sehat. Studi mengatakan bahwa aktivitas seperti berkebun bisa mengurangi kadar kortisol sehingga dapat meningkatkan kesehatan.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Pengalaman dengan alam juga terbukti bisa mengatasi kecemasan dan depresi yang umumnya dialami individu yang tinggal di kota padat penduduk. Sebab menghabiskan waktu di ruang terbuka dapat meningkatkan mood, harga diri serta kesehatan psikologi.

3. Membantu Proses Penyembuhan

Saat sebuah penelitian dilakukan terhadap pasien pasca operasi, ditemukan bahwa pasien yang kamarnya menghadap ke jendela terbuka, sehingga dapat melihat pemandangan alam, lebih cepat sembuh dibandingkan dengan mereka yang harus melihat dinding bata melalui jendela.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Menghabiskan waktu di alam terbuka dapat membantu mengurangi kelelahan mental serta meningkatkan kinerja kognitif. Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa berlari dan bermain di alam bebas yang indah dapat meningkatkan prestasi akademik anak-anak.

  1.   Mencegah Kelainan Mata

Kelainan mata seperti myopia atau rabun jauh terutama disebabkan karena kurangnya paparan sinar matahari. Penyakit tersebut dapat dicegah sejak dini dengan membiasakan anak-anak  terpapar cahaya alami tersebut. Itulah yang menjadi alasan mengapa anak-anak harus bermain di luar rumah.

Selain ke-5 manfaat diatas, melakukan banyak aktivitas  di alam terbuka juga baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan system kekebalan tubuh serta memperbaiki kualitas tidur.

Kondisi alam dengan pemandangan hijau nan indah serta udara yang masih bersih dan bebas dari pencemaran, akan membantu merelaksasi tubuh manusia. Menghabiskan waktu di alam terbuka setidaknya  1 hari  dari satu minggu padatnya aktivitas  anda, dapat menyegarkan pikiran dan membuat badan kembali bugar. Anda pun siap untuk menjalani aktivitas  kembali dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *