Kegiatan kepramukaan merupakan pendidikan diluar kegiatan belajar sekolah yang dilakukan dalam bentuk menarik, menantang dan menyenangkan. Pramuka sebagai upaya pembentukan watak dan karakter generasi muda, merupakan salah satu pendidikan non formal yang mampu bertahan dalam segala zaman serta menjadi benteng dalam mendidik dan membina generasi muda agar berjiwa tangguh, terampil, cerdas, dan disiplin. Saat ini kegiatan yang sudah memiliki organisasi sendiri dibawah naungan pemerintah ini sudah genap berusia 58 tahun. 

Ada sejarah panjang yang membidani kelahiran Hari Pramuka di Indonesia. Mulai dari peran organisasi kepanduan yang baru masuk ke Indonesia dalam Sumpah Pemuda, sempat dilarang oleh penjajah Jepang, peleburan menjadi Gerakan Pramuka, hingga dikenalkannya organisasi tersebut kepada masyarakat pada 14 Agustus 1961, setelah Presiden Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppresnya.  

Banyak materi pelajaran yang ada dalam kegiatan Pramuka yang bermanfaat untuk  melahirkan dan menumbuhkan sikap dan perbuatan yang baik, sehingga terbentuk karakter dan kekuatan jasmani dalam diri. Presiden Joko Widodo dalam sebuah kesempatan pernah mengatakan, pramuka sangat bagus dalam membentuk karakter anak dan kepemimpinan. Bahkan Presiden sempat mengungkapkan bahwa saat menjadi anggota pramuka, ia paling gemar mencari jejak. “Dulu saya paling seneng mencari jejak. Dari SD sampai SMP lah, kalau sudah mencari jejak, paling senang. Tapi jejaknya suka nggak ketemu,” kenang Jokowi. 

Preside lepas peserta jambore kepanduan di Istana Kepresidenan

Sementara dalam akun sosial media Kepresidenan, Jokowi mengatakan setengah dari sekitar 50 juta anggota kepanduan di seluruh dunia ternyata berasal dari Indonesia. Dengan jumlah sebesar 25 juta anggota itu, Gerakan Pramuka Indonesia harus berperan aktif dalam gerakan kepanduan sedunia, seperti slogannya : Menciptakan Dunia Yang Lebih Baik. Diharapkan Pramuka dapat menunjukkan perannya bagi dunia, melalui ajang Jambore Kepanduan Dunia. “Saya berharap di arena jambore sedunia, adik-adik memberikan citra positif, menimba pengalaman dari gerakan kepanduan negara lain dan menjadikannya bekal membina jiwa kepemimpinan,” tegas Presiden. 

Dalam memperingati Hari Pramuka, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso menyampaikan beberapa pesan. Salah satunya, gerakan pramuka ikut berperan memberantas narkoba. “Gerakan Pramuka sedianya harus bisa memberantas narkoba yang begitu marak dan merusak generasi muda bangsa,” jelas Budi. 

Suasana Pelantikan Pramuka

Melalui Gerakan Pramuka, mari membangun generasi muda berjiwa tangguh terampil, cerdas dan disiplin yang siap sedia membangun keutuhan NKRI. Selamat Hari Pramuka ke-58 !!

*) dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *