Motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong seorang karyawan untuk lebih bersemangat dalam bekerja. Secara definisi, motivasi bisa diartikan sebagai kesediaan individu untuk mengeluarkan upaya yang tinggi agar tujuan organisasi dapat tercapai. Ada 3 elemen kunci dalam motivasi yaitu :

  1. Upaya. Bila seseorang sudah termotivasi maka ia akan berupaya sekuat tenaga mencapai tujuan.  
  2. Tujuan organisasi, yang harus selalu menjadi fokus untuk melakukan upaya tinggi dalam menghasilkan kinerja yang tinggi juga
  3. Kebutuhan, sebagai kondisi internal yang menimbulkan dorongan dari dalam diri setiap individu.

ilustrasi tentang motivasi kerja

Dari ketiga elemen kunci dalam motivasi tersebut, ada dua pihak yang bisa menjalankan peran dalam memberikan motivasi kepada karyawan, yaitu perusahaan dan karyawan bersangkutan. Memberikan motivasi pun bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya adalah menggelar kegiatan yang bermanfaat seperti outbound.

Outbound semakin banyak dipilih oleh perusahaan dalam meningkatkan kualitas kerja karyawannya, karena memiliki sejumlah manfaat yang dianggap efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Bahkan melalui outbound, bisa dianggap ikut membangun bangsa. Ragam permainan bisa diikuti setiap peserta dalam kegiatan outbound baik yang diselenggarakan satu hari atau berkonsep camping. Untuk outbound dengan camping, para peserta memperoleh semakin banyak manfaat misalnya menjadi lebih akrab satu sama lain sehingga semangat kekeluargaan pun akan lebih terasa.

mempersiapkan peserta di tenda camping

Seperti dalam kegiatan camping outbound karyawan FIF Group yang digelar di Citra Alam Riverside, Bogor. Dengan mengusung tema Super Employee Be Super Team, para peserta yang berjumlah lebih dari 150 orang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan outbound yaitu permainan flying fox, arung jeram dan beberapa games team building. Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini, mulai dari saat kedatangan, makan bersama, mengikuti permainan, tidur dalam tenda camping sampai bangun pagi untuk berkegiatan kembali, mereka lakukan bersama-sama. Kebersamaan itulah yang mampu mengakrabkan hubungan pertemanan diantara karyawan, sehingga motivasi kerja dapat terbangun dan terpelihara.

ice breaking meningkatkan motivasi kerja karyawan

Membangun motivasi kerja yang berlandaskan kebersamaan tidak hanya selesai di kegiatan outbound. Para peserta tak lantas pulang dengan tangan hampa, melainkan tetap membawa bekal yang sudah diperoleh dari setiap kegiatannya. Pelajaran mengenai soliditas, solidaritas, toleransi, membangun kerja tim, hingga membentuk karakter individu masing-masing yang lebih baik dari sebelumnya, menjadi PR untuk diterapkan dalam kehidupan mereka saat sudah kembali ke lingkungan kerja, keluarga dan masyarakat.

 



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


(021) 7310249 (021) 7321394


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *