Jika setiap orang membutuhkan ulasan  sebelum memutuskan untuk memilih lokasi wisata melalui online, maka sama pentingnya juga dengan presentasi product dan survey lokasi. Dalam kamus bahasa indonesia, survei bisa diartikan sebagai penyelidikan atau peninjauan, sedangkan presentasi berarti penyajian atau pertunjukan kepada orang-orang yang diundang.

Sebagai lokasi wisata yang memiliki wahana edukasi outbound, camping, serta pelatihan seni budaya, Citra Alam memiliki standart tertentu yang berhubungan dengan survei dan presentasi terhadap calon pengunjung yang akan berkegiatan. Survei dapat diartikan sebagai kunjungan calon pengunjung yang bertujuan memperkuat minat terhadap lokasi tersebut. Survei disini menjadi tanggung jawab customer service di 3 lokasi Citra Alam, yakni Riverside Bogor, Lakeside Ciputat dan Seaside Anyer. Sedangkan presentasi adalah penjelasan rinci mengenai lokasi wisata terkait beserta produk-produk yang dimiliki. Penjelasan dilakukan secara langsung oleh marketing Citra Alam terhadap calon pengunjung dengan menggunakan media berupa gambar, video atau tulisan.

Dalam pelaksanaannya, survei dan presentasi bisa saja dilakukan secara terpisah tetapi tetap memungkinkan untuk dilaksanakan secara bersamaan. Apabila dilakukan terpisah, customer langsung mengunjungi lokasi untuk melakukan survei. Sementara presentasi dilakukan oleh marketing di lokasi tempat customer berada, seperti sekolah, kantor, atau tempat lain yang disepakati. Namun jika survei dan presentasi dilakukan secara bersamaan, langsung oleh marketing di lokasi Citra Alam yang akan dituju. Seperti untuk kegiatan perusahaan Bazar Bangunan dan dari PGRI Balaraja Kabupaten Tangerang di Citra Alam Riverside. Kedua customer tersebut memiliki segmen berbeda yaitu perusahaan dan sekolah. Berbeda segmen, maka berbeda pula cara penanganannya.

Seperti apa kegiatan survei dan presentasi keduanya? Nantikan artikel selanjutnya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *